Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tewas di Menara Grenfell Jadi 30 Orang, Puluhan Belum Ditemukan

Kompas.com - 16/06/2017, 19:37 WIB

LONDON, KOMPAS.com – Sedikitnya 30 orang terkonfirmasi telah tewas dan puluhan lainnya dikhawatirkan tewas di dalam menara 24 lantai, Grenfell Tower, di London, Inggris.

Polisi Inggris, Jumat (16/6/2017), mengatakan hal tersebut di saat petugas pemadam kebakaran terus melanjutkan pencarian korban lainnya yang belum ditemukan.

"Kami memastikan setidaknya 30 orang tewas akibat kebakaran ini. Saya yakin, jumlahnya akan meningkat," kata komandan polisi Stuart Cundy kepada wartawan di depan Menara Grenfell, demikian kantor berita Perancis, AFP.

Cundy mengatakan, polisi telah memulai penyelidikan pidana namun hingga sejauh ini belum ada indikasi bahwa bahwa “kebakaran diawali tindakan sengaja".

Baca: Kebakaran Menara Grenfell Picu Kemarahan Warga London

Dia juga mengatakan, api terakhir telah padam, dua hari setelah kebakaran terjadi di pada Selasa Selasa malam menjelang Rabu di menara daerah kelas pekerja di wilayah London.

Lebih dari 70 orang belum diketahui keberadaanya, demikian laporan media lokal di Inggris, Namun, juga masih sulit untuk memberikan angka pasti tentang korban yang hilang atau belum ditemukan.

Polisi juga telah memperingatkan bahwa beberapa korban tewas mungkin tidak akan pernah dapat diidentifikasi karena kondisi jenazahnya yang sulit dikenali.

Cundy mengatakan, salah satu korban meninggal di rumah sakit. Dua puluh empat korban selamat masih dirawat, dengan 12 di antaranya berada dalam kondisi kritis.

Petugas pemadam kebakaran menggunakan pesawat tak berawak dan anjing pelacak untuk menyusuri setiap tingkat bangunan tersebut.

Disebutkan, beberapa lantai atas masih tidak dapat diakses manusia karena khawatir akan stabilitas struktur bangunannya.

Kemarahan warga London memuncak terkait kebakaran gedung apartemen Menara Grenfell yang menewaskan setidaknya 17 orang.

Warga di sekitar lokasi kebakaran meneriaki wali kota Sadiq Khan mengunjungi kawasan permukiman di sisi barat London tersebut.

Ratu Elizabeth juga mengunjungi lokasi korban kebakaran di Menara Grenfell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com