Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KBRI London Imbau WNI Tetap Waspada Pasca-Kebakaran Gedung

Kompas.com - 14/06/2017, 21:19 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London mengimbau para warga negara Indonesia (WNI) yang berada di sekitar Grenfell Apartment untuk tetap waspada setelah peristiwa kebakaran pada Rabu (14/6/2017) dini hari.

"KBRI London telah mengeluarkan imbauan dan terus melakukan koordinasi dengan pihak berwenang di London guna memonitor perkembangannya," kata Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya (Pensosbud) KBRI London Thomas Siregar seperti dikutip dari Antara, Rabu malam.

Pihak KBRI London juga memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban kebakaran gedung setinggi 27 lantai tersebut.

"Sejauh ini tidak ada laporan WNI menjadi korban kebakaran di Greenfell Apartment," Sekretaris Kedua Protokoler dan Konsuler KBRI London Anisa Farida saat dihubungi Kompas.com via surat elektronik.

(Baca: Sudah 6 Orang Tewas akibat Kebakaran Grenfell Tower di London)

Sementara itu, Wali Kota London Sadiq Khan seperti dikutip dari BBC mengatakan prihatin atas kebakaran yang disinyalir terjadi akibat lalainya sistem pemeliharaan sistem keamanan bangunan.

"Kami menyayangkan kejadian ini ketika keselamatan warga dipertaruhkan karena adanya saran buruk diberikan, atau dalam hal ini diduga disampaikan, di apartemen yang tidak dirawat dengan baik," kata Khan.

Pasalnya, sejumlah saksi mengatakan bahwa tidak ada alarm peringatan kebakaran yang memerintah penghuni Grenfell Apartment untuk keluar gedung.

Beberapa saksi juga menyatakan melihat ada penghuni apartemen yang meminta pertolongan dan melemparkan anak-anaknya dari jendela lantaran evakuasi sulit dilakukan di tengah kepulan asap tebal

Dalam kebakaran itu, pemadam kebakaran mengerahkan setidaknya 40 mobil dan 250 petugasnya untuk memadamkan api di Menara Grenfell yang terdiri atas 120 apartemen.

Kompas TV Tiga Berita Terpopuler 12 Juni 2017
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com