Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Bucharest Beri Hadiah Rp 8,1 Juta untuk Tiap Bayi Baru Lahir

Kompas.com - 08/06/2017, 20:11 WIB

BUCHAREST, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bucharest, Rumania bakal segera memberikan hadiah dalam bentuk uang tunai bagi setiap bayi yang baru lahir.

Kebijakan tersebut diambil sebagai bagian dari program meningkatkan angka kelahiran di kota itu.

Dewan Kota Bucharest, Kamis (8/6/2017), mengalokasikan dana 615 dollar AS atau kira-kira Rp 8,1 juta untuk setiap bayi yang lahir di rumah sakit kota itu.

Seperti diberitakan Associated Press, syaratnya adalah paling tidak salah satu dari orangtua bayi tersebut adalah penduduk Kota Bucharest.

Bucharest menjadi salah satu kota yang mengalami penurunan populasi terparah di Eropa. Hal itu terjadi akibat anjloknya angka kelahiran dan migrasi.

Ahli statistik memperkirakan, pada tahun 2026, sekitar 26 persen dari 19 juta penduduk di negara tersebut akan berusia di atas 65 tahun.

Menurut data National Institute for Statistics, ada 21.150 bayi lahir di Bucharest pada tahun 2010, dan 19.250 bayi lahir pada tahun 2015.

Baca: Bucharest Gelar Referendum soal Nasib Anjing Liar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com