Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Negara yang Mengucilkan Qatar Terus Bertambah

Kompas.com - 07/06/2017, 12:31 WIB

NOUAKCHOTT, KOMPAS.com - Mauritania, negara di Afrika barat dan anggota Liga Arab, mengikuti langkah tujuh negara Arab lainnya, yakni memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar.

Langkah itu dilakukan Nouakchott pada Selasa (6/6/2017) waktu setempat dengan menuduh Qatar telah "mendukung teroris", demikian laporan kantor berita Mauritania, sebagaimana diteruskan oleh Reuters.

Beberapa negara kuat kawasan Teluk yakni Arab Saudi, Mesir, dan Uni Emirat Arab, memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar pada Senin (5/6/2017), yang diikuti beberapa negara sekutunya.

Baca: Simaklah, 10 Pemicu Krisis Diplomatik di Qatar

Qatar dituding telah mendukung atau mensponsori kegiatan terorisme, terutama mendanai jaringan Al Qaeda dan kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS), serta Ikhwanul Muslimin di Mesir.

"Kebijakan negara Qatar berkaitan, mendukung organisasi teroris, dan melakukan penyiaran paham ekstremis," kata pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Mauritania yang dirilis dalam bahasa Arab oleh badan informasi negara tersebut.

Menurut Nouakchott, tindakan Qatar mendukung kegiatan terorisme telah mengakibatkan kerugian besar bagi kehidupan masyarakat di negara-negara Arab, di Eropa dan seluruh dunia.

Baca: Qatar Alami Krisis Diplomatik, Bagaimana Nasib Piala Dunia 2022?
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com