Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tujuh Negara Eropa yang Jadi Sasaran Teror Sejak 2015

Kompas.com - 23/05/2017, 18:51 WIB

PARIS, KOMPAS.com – Aksi pengeboman mematikan di arena konser musik pop di kota Manchester, Inggris, yang menewaskan 22 orang, adalah serangan terbaru yang menarget kota-kota di Eropa.

Semuanya diklaim oleh kelompok Islam radikal, terutama lagi jaringan teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS), kelompok yang sedang berperang melawan pemerintah Irak dan Suriah.

Polisi Inggris menyatakan yakin bahwa serangan pada Senin (22/5/2017) malam atau Selasa (23/5/2017) pagi, tepat artis penyanyi Amerika Serikat (AS) Ariana Grande mengakhiri penampilannya, dilakukan oleh pelaku tunggal.

Baca: Teror di Manchester: Apa yang Sudah Kita Ketahui Sejauh Ini

Sejauh ini belum ada pihak yang secara resmi mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu. Namun, para simpatisan ISIS di Raqqa, Suriah, dilaporkan "merayakan" serangan mematikan di Manchester itu.

Setidaknya, perayaan itu mereka lakukan secara daring (online), dengan menulis pesan yang disebar melalui jejaring internet.

Fakta ini diungkapkan oleh sebuah kelompok intelijen SITE, yang berkedudukan di AS, seperti dikutip Associated Press, Selasa (23/5/2017).

"Semoga mereka merasakan apa yang dialami orang-orang lemah di Mosul dan Raqqa, yang kerap diserang dan dibom," demikian kalimat yang dikutip SITE.

Baca: Jumlah Korban Ledakan di Manchester Kian Bertambah, 22 Tewas

Kantor berita Perancis, Agence France Presse (AFP) menurunkan laporan tentang beberapa serangan besar di Eropa, sebelum serangan mematikan di Manchester.

Belgia

Pada 22 Maret 2016, bom bunuh diri yang diklaim oleh ISIS menewaskan 32 orang dan melukai 230 lainnya di Bandara Zaventem dan stasiun metro Maelbeek, Brussels, Belgia. Dua lokasi itu dekat dengan markas besar Uni Eropa.

Serangan tersebut dilakukan oleh sel ISIS yang juga bertanggung jawab atas pembantaian mematikan di Paris, Perancis pada November 2015.

Baca: Simpatisan Teroris ISIS di Suriah "Rayakan" Serangan di Manchester

Inggris

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com