Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luka Bakar akibat Kopi Starbucks, Perempuan Ini Dapat Rp 1,3 Miliar

Kompas.com - 20/05/2017, 13:44 WIB

TALLAHASSEE, KOMPAS.com -  Seorang perempuan mendapatkan ganti rugi lebih dari 100.000 dollar atau Rp 1,3 miliar setelah mengalami luka serius akibat tersiram air panas dari secangkir kopi Starbucks.

Joanne Mogavero, dari Florida, Amerika Serikat (AS), menderita luka bakar tingkat pertama dan kedua ketika penutup cangkir kopi miliknya jatuh di Starbucks pada 2014, seperti disampaikan juri.

Kuasa hukumnya berpendapat bahwa Starbucks seharusnya memperingatkan konsumennya bahwa tutup cangkir itu dapat terbuka, seperti dilaporkan BBC, Jumat (19/5/2017).

Baca: Tersiram Air Mendidih, 4 Karyawan Pabrik Sawit Dilarikan ke RS

Keputusan juri memberikan ganti rugi kepada Mogavero sebenar 85.000 dollar atau Rp 1,1 miliar untuk rasa sakit dan penderitaan yang dialaminya dan lebih dari 15.000 dollar atai RP 199 juta untuk membayar tagihan biaya kesehatan .

Starbucks mempertimbangkan untuk mengajukan banding.

Insiden itu terjadi di sebuah gerai drive-through di Jacksonville ketika dia mengambil minuman panas dari seorang karyawan dan bersiap untuk memberikannya pada penumpang mobilnya.

Baca: Starbucks Bakal Buka Kedai Kopi Terbesar di Dunia

Kuasa hukumnya, Steve Earle, mengatakan, " Klien saya tidak ingin simpati dari juri – dia ingin jeadilan – dan juri telah memberikannya melalui keputusan."

Dalam sebuah pernyataan, tim hukum Mogavero mengatakan seorang perwakilan Starbucks memberikan kesaksian selama persidangan di Duval County, Florida, bahwa perusahaan itu mendapatkan 80 keluhan dalam sebulan mengenai tutup cangkir yang terbuka atau bocor.

Seorang juru bicara Starbucks mengatakan kepada BBC, "Seperti yang kami sampaikan di persidangan, kami berada di belakang mitra toko kami dan berpendapat bahwa mereka tidak melakukan kesalahan apapun."

Baca: Jokowi Ingin Waralaba Kopi Lokal Saingi Starbucks

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com