Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Ajang Academy Awards Pertama Digelar

Kompas.com - 16/05/2017, 19:32 WIB

KOMPAS.com - Pada 16 Mei 1929 untuk pertama kali digelar sebuah ajang yang kini menjadi sebuah perhelatan bergengsi yang menjadi idaman bagi mereka yang berkecimpung dalam industri film.

Ya, hari ini 88 tahun lalu digelar untuk kali pertama Academy Awards atau yang dikenal sebagai penganugerahan Piala Oscar.

Academy Awards pertama ini digelar dalam sebuah pesta makan malam yang dihadiri 250 orang dan digelar di Blossom Room, hotel Roosevelt di Hollywood, California.

Bibit Academy Awards muncul pada 1927 ketika Louis B Mayer, pendiri perusahaan film Louis B Mayer Picture membentuk Akademi Ilmu dan Seni (AMPAS).

Saat itu Mayer berkeinginan membentuk sebuah penghargaan untuk menyatukan lima cabang profesi dalam industri film yaitu aktor, sutradara, produser, teknisi, dan penulis naskah.

"Saya menyimpulkan cara terbaik untuk mengendalikan para insan perfilman adalah dengan memberi mereka penghargaan," kata Mayer.

"Jika saya memberi mereka piala dan penghargaan maka mereka akan memproduksi film yang saya inginkan. Itulah mengapa Academy Awards diciptakan," tambah Mayer.

Mayer lalu meminta Cedric Gibbon, art director MGM untuk merancang bentuk piala yang akan diserahkan dalam Academy Award.

Para nomine kemudian mendapatkan pemberitahuan lewat telegram pada Februari 1928.
Sementara untuk menentukan film terbaik diserahkan kepada pada pendiri AMPAS Douglas Fairbanks, Sid Grauman, Louis B Mayer, Mary Pickford, dan Joseph Schenck.

Para pemenang sudah diberitahu  tiga bulan sebelum acara digelar pada 16 Mei 1929 di Hotel Roosevelt Hollywood, Los Angeles.

Para aktor dan aktris tiba di hotel menggunakan mobil mewah di para fans sudah menunggu untuk mengelu-elukan idola mereka.

Academy Awards pertama ini tak disiarkan baik di radio atau televisi dipandu direktur APAS Douglas Fairbanks dan hanya berlangsung selama 15 menit.

Dalam Academy Awards pertama ini Wings menjadi film terbaik. Aktor terbaik jatuh ke tangan Emil Jannings dalam film The Last Command dan aktris terbaik diraih Janet Gaynor.

Sedangkan untuk katagori sutradara dibagi menjadi dua yaitu film komedi dan drama.

Sebagai sutradara terbaik katagori film komedi jatuh pada Lewis Milestone lewat film Two Arabian Knights.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com