Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamar Makam Putri Firaun Berusia 3.700 Tahun Ditemukan

Kompas.com - 12/05/2017, 08:21 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Satu ruang atau kamar makam untuk putri firaun, yang diyakini berusia 3.700 tahun, ditemukan di Mesir.

Kementerian Purbakala Mesir mengatakan, ruang makam itu berada di kawasan pemakaman kuno kerajaan di Dashur, sekitar 37 km di selatan Kairo, ibu kota Mesir.

Di dalamnya ada satu kotak kayu yang diukir dengan aksara kuno Mesir, hieroglyph.

Dan di dalam kotak kayu tersebut ada empat tabung kanopi yang berisi organ tubuh yang kemungkinan besar adalah putri Raja Emnikamaw.

Baca: Kota Kuno Berusia 7.000 Tahun Ditemukan di Mesir

Ada pun piramida untuk Raja Emnikamaw berada sekitar 600 meter dari makam putrinya.

Bulan lalu, para arkeolog yang menyelidiki reruntuhan piramida tersebut menemukan sebuah pahatan yang terdiri dari 10 baris aksara kuno Mesir dengan nama Emnikamaw.

Mereka juga berhasil menemukan sisa-sisa dari sebuah anthropoid sarcophagus atau makam batu berbentuk seperti tubuh manusia yang sedang berdiri yang bisa dibuka penutupnya.

Baca: Firaun Mesir “Dibangkitkan” dari Dalam Lumpur, Bagaimana Kisahnya?

Dahshur merupakan tempat Raja Sneferu dari Dinasti ke-4 pertama kalinya membangun piramida kuno Mesir dengan sisi-sisinya yang halus dan bukan dengan susunan seperti bertangga.

Dia juga membangun piramida yang lebih awal, yang disebut Piramida Bengkok, karena kemiringannya berubah dari 54 derajat menjadi 43 derajat di bagian tengahnya.

Sneferu diteruskan oleh putranya, Khufu, yang terkenal karena Piramida Besar di Giza dengan ketinggian mencapai 138 meter dan merupakan salah satu kejaiban dunia.

Baca: Taman Berusia 4.000 Tahun Ditemukan di Thebes, Mesir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com