Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gudang Kembang Api Meledak, 14 Orang Tewas di Meksiko

Kompas.com - 10/05/2017, 09:08 WIB

PUEBLA, KOMPAS.com – Empat belas orang, termasuk tiga anak-anak, di sebuah desa miskin di Meksiko tewas akibat ledakan di sebuah gudang kembang api setempat.

Laporan kantor berita Agence France-Presse, Rabu (10/5/2017), menyebutkan, ledakan tersebut terjadi pada Senin (8/5/2017) malam di San Isidro, desa pertanian terpencil yang dihuni sekitar 40 kepala keluarga di negara bagian Puebla, Mesiko tengah, kata pemerintah setempat.

Insiden tersebut terjadi lima bulan setelah tragedi serupa menewaskan 42 orang di pasar kembang api dekat Mexico City, ibu kota Meksiko. Ledakan kembang api sering terjadi di negara itu.

Baca: Ledakan Besar di Pasar Kembang Api, 60-an Orang Terluka

Ledakan kembang api terbaru terjadi pada peringatan Santo Isidorus, orang suci Katolik, yang dikenang sebagai pelindung para petani, yang juga dijadikan pelindung desa San Isidro.

Hari kematian Santo Isidorus diperinati setiap 15 Mei. Sama seperti terhadap para orang kudus lainnya, warga bersiap diri untuk merayakannya dengan menyalakan kembang api.

Salah satu kembang api “jatuh di sebuah rumah di mana tersimpan bahan piroteknik untuk digunakan pada hari perayaan tersebut. Akibatnya, sebuah ledakan yang menyebabkan atap rumah roboh," kata pemerintah negara bagian Puebla dalam sebuah pernyataan, Selasa (9/5/2017).

Pejabat mengatakan, 11 orang di antara yang  tewas adalah anak-anak berusia 4 hingga 15 tahun.

Baca: Melempar Kembang Api Dihukum 16 Bulan

Sembilan orang tewas di tempat kejadian ledakan, dan lima orang lagi meninggal di setelah sempat dibawah ke rumah sakit.

Ledakan itu juga menyebabkan 22 orang lain terluka, termasuk tiga anak-anak yang berada dalam kondisi luka parah, kata seorang pejabat gubernur wilayah itu, Javier Lozano.

"Ini adalah sebuah tragedi. Kebanyakan mereka tewas akibat tertimpa gedung roboh akibat ledakan kembang api,” kara Lozano.

Presiden Enrique Pena Nieto menyampaikan turut berdua melalui pesannya yang disampaikannya melalui akun Twitter miliknya.

Baca: Ledakan Gudang Petasan dan Kembang Api, 12 Orang Tewas

Industri kembang api menghasilkan pendapatan hampir 10 juta dollar per bulan di Meksiko, kata pihak berwenang.

Pejabat pemerintah Puebla, Diodoro Carrasco, menegaskan bahwa industri tersebut "telah dikelola dengan baik," katanya dalam komentar ke saluran televisi Milenio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com