Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Bom PD II Ditemukan di Hannover, 50.000 Orang Dievakuasi

Kompas.com - 07/05/2017, 19:11 WIB

HANOVER, KOMPAS.com – Sekitar 50.000 orang dievakuasi dari rumah mereka Hannover, Jerman, Minggu (7/5/2017), setelah lima bom peninggalan Perang Dunia (PD) II ditemukan.

Para pejabat lokal di Hannover mengatakan, dua yang diduga bom udara ditemukan di lokasi proyek konstruksi di Wedelstaße. Tiga lainnya ditemukan tak jauh dari sana, seperti dilaporkan Metro.co.uk.

Pakar bom semula mengecek ada 13 benda yang mencurigakan, namun menurut laporan media lokal hanya lima yang dianggap berpotensi sebagai bom.

Baca: Bom Sisa Perang Dunia II Ditemukan, Kota Cologne Evakuasi 20.000 Warga

Selebaran disebar dari rumah ke rumah di Jerman, Polandia, Turki, Inggris, dan Rusia agar siapa saja yang berada di sekitar lokasi penemuan bom agar segera menjauh.

Evakuasi akan dilakukan terhadap penghuni dan fasilitas gedung yang berada di kawasan tersebut, termasuk tujuh rumah perawatan, sebuah klinik, dan pabrik ban Continental.

Evakuasi mulai dilakukan Minggu pukul 09.00 waktu setempat atau pukul 15.00 WIB, dan warga yang terdampak dapat kembali ke rumah mereka pada Minggu malam waktu setempat.

Operasi semacam ini merupakan yang kedua dilakukan di Jerman, dan akan berdampak pada sekitar sepersepuluh populasi kota.

Baca: Ditemukan Bom Perang Dunia II di Bandara Schiphol

Penduduk disarankan membawa barang yang dibutuhkan seperti obat-obatan ketika ketika meninggalkan gedung, dan juga memadamkan gas dan sambungan listrik.

Kantor berita Jerman, DPA, melaporkan, petugas juga menyiapkan puluhan ribu porsi sup untuk mendukung operasi dan membantu warga.

Selama proses evakuasi bom, di mana warga di pengungsian sementara itu, pemerintah lokal menyusun program tur, pemutaran film anak-anak, dan pertandingan olahraga.

Menurut laporan AFP dan Reuters, perjalanan kereta api terkena dampak karena selama proses evakuasi dan penjinakan bom, semua jalur kereta api yang berdekatan dengan lokasi penemuan bom  telah ditutup.

Baca: Bom Sisa PD II Ditemukan di Markas Dortmund

Menurut laporan media setempat, pesawat sekutu mengebom Hannover selama Perang Dunia II, menewaskan puluhan ribu orang dan menghancurkan sebagian besar kota tersebut.

Pada 9 Oktober 1943, terutama pada malam yang mematikan, 1.245 orang tewas dan 250.000 kehilangan rumah mereka akibat dijatuhi 260.000 bom.

Evakuasi yang dilakukan terkait bom peninggalan Perang Dunia II ini merupakan yang terbesar sejak Hari Natal tahun lalu, di Augsburg.

Sekitar 54.000 orang dievakuasi setelah sebuah bom dengan berat 3,8 ton ditemukan dalam proyek pembangunan gedung.

Baca: Sisa Bom Perang Dunia II Ditemukan di Markas VW

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com