Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanah Longsor di Kirgistan Tewaskan 24 Orang

Kompas.com - 29/04/2017, 22:39 WIB

BISHKEK, KOMPAS.com - Bencana tanah longsor menyapu sebagian kampung di Kirgizstan pada Sabtu (29/4/2017) pagi sehingga 24 orang tewas, termasuk sembilan anak-anak.

Kementerian Darurat Kirgizstan mengatakan, tanah longsor menyapu kampung Ayu di wilayah Osh, sebuah daerah pegunungan di negara Asia Tengah itu, demikian dilaporkan AFP.

Tanah longsor terjadi pada sekitar pukul 06.40 waktu setempat dan menimbun enam rumah berikut semua penghuninya, kata kementerian dalam sebuah pernyataan.

"Semua 24 warga Kirgizstan, sembilan di antaranya anak-anak, tewas tertimbun tanah longsor yang terjadi di bagian selatan negeri ini," kata wanita juru bicara kementerian, Elmira Sheripova.

Sebanyak 266 petugas penyelamat, termasuk paramedis dan tentara, sedang berada di lokasi, kata Sheripova.

Menteri Darurat, Kubatbek Boronov, terbang menuju lokasi kejadian atas perintah Presiden Almazbek Atambayev.

Boronov diperintahkan untuk mengambil "semua langkah yang mungkin untuk menanggulangi dampak tanah longsor dan memberikan semua bantuan yang diperlukan kepada keluarga korban.”  

Perdana Menteri Sooronbai Jeenbekov mengunjungi kampung Ayu setelah terjadi tanah longsor dan mengatakan pemerintah akan menyediakan “semua bantuan yang diperlukan”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com