Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merkel: Inggris Jangan Berkhayal bahwa Brexit Akan Mudah

Kompas.com - 27/04/2017, 22:19 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Kanselir Jerman Angela Merkel, Kamis (27/4/2017), berusaha memudarkan harapan Inggris, bahwa keluarnya negara itu dari Uni Eropa (UE), yang disebut Brexit, hanya akan berdampak terbatas bagi hubungan kedua pihak, hak-hak, dan keistimewaan dimiliki Inggris.

Merkel berbicara kepada para legislator Jerman menjelang sebuah konferensi tingkat tinggi akhir pekan ini di Brussel untuk membahas Brexit.

Kerika itu Merkel mendapat sambutan tepuk tangan sewaktu mengatakan bahwa ia merasa sebagian orang di Inggris masih berkhayal, dan Brexit membuang-buang waktu.

Baca: Efek Domino Brexit, Semua Bisa Repot

Meskipun Eropa masih menganggap Inggris sebagai mitra dekat, Merkel menyatakan begitu negara itu meninggalkan UE, Inggris takkan lagi menjadi bagian blok tersebut.

Oleh karena itu pula, Inggris tidak dapat dan tidak akan memiliki hak-hak yang sama atau berada dalam posisi yang lebih baik ketimbang anggota UE.

"Seluruh anggota, 27 negara UE dan institusi-institusi Eropa sependapat mengenai hal tersebut," lanjut Merkel yang juga disambut tepuk tangan.

Baca: Hasil Penelitan: 2,3 Juta Warga Inggris Menyesal Telah Memilih “Brexit“

Ada waktu dua tahun bagi Inggris untuk menuntaskan urusannya meninggalkan UE yang beranggotakan 28 negara, tetapi sekarang ini negara itu masih disibukkan oleh pemilu akan berlangsung awal Juni.

Merkel menyatakan isu-isu serius seperti perlakuan terhadap warga negara yang tinggal di negara lainnya, tagihan biaya yang masih harus dibayar Inggris dan isu-isu perbatasan di Irlandia perlu ditangani sebelum hubungan pada masa mendatang dapat didiskusikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com