Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayah Ratu Kecantikan Filipina Tewas dalam Perang Anti-Narkoba

Kompas.com - 25/04/2017, 14:37 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Korban perang melawan narkoba yang dikobarkan Presiden Filipina Rodrigo Duterte sejak tahun lalu terus bertambah.

Kali ini yang menjadi korban adalah Edmundo Parungao ayah kandung Miss World Filipina 2015, Hillarie Parungao.

Edmundo diduga kuat melakukan bunuh diri di dalam kantor polisi di Solano, wilayah utara Filipina setelah ditahan karena diduga menjadi pengedar narkoba.

"Saya sangat sedih, dan akan selalu sedih. Tak seorang pun bisa memperbaiki hati saya, ujar Hillarie (26) lewat akun Facebooknya.

Hillarie, seorang presenter televisi yang menjadi Miss World Filipina pada 2015, menuliskan sosok Edmundo yang disebutnya berjasa melambungkan kariernya sebagai model ketika sering meminta fotonya saat sang ayah bekerja di Taiwan.

Baca: Belum Bunuh Semua Pengedar, Duterte Perpanjang Perang Melawan Narkoba

Saat masih kecil, Hillarie selalu mengikuti kemanapun ayahnya pergi saat pulang dari pekerjaannya. Bahkan tanpa sengaja Hillarie pernah melihat ayahnya menangis.

"Ingatan pertama saya tentang ayah adalah sosok pria yang mengenakan jins dan kaus putih. Penuh cinta dan kehidupan, sedang menangis," kata Hillarie.

"Kini saya menyaksikannya terbaring dan saya mengatakan kepadanya, 'Ayah, kau tak akan pernah merasa sakit lagi'."

Menurut laporan polisi yang dimuat harian The Philippine Star, Edmundo merebut pistol milik seorang polisi yang melepas borgolnya ketika dia mengeluhkan rasa sakit di dada.

Kejadian itu cocok dengan pola selama ini yaitu ribuan tersangka pengedar tewas dalam baku tembak dengan polisi atau ditembak saat mencoba merebut senjata saat hendak ditahan.

Sejak, mencanangkan perang melawan narkoba pada pertengahan tahun lalu, setidaknya 8.000 orang tewas di seluruh Filipina.

Kepolisian hanya mengakui sekitar separuh pembunuhan tersangka pengedar narkoba itu dan sisanya masih dalam penyelidikan.

Baca: Pemerintah Filipina Sebut Perang Melawan Narkoba Menuai Kesuksesan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com