Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oposisi Dikalahkan di Dekat Hama, Pasukan Suriah dan Sekutu Menang

Kompas.com - 24/04/2017, 19:00 WIB

BEIRUT, KOMPAS.com - Tentara Suriah dan pasukan sekutu mereka meraih kemajuan dalam melawan oposisi atu pemberontak di barat dekat kota Hama, Minggu (23/4/2017), kata sumber militer dan kelompok pemantau.

Pasukan pemerintah menguasai kota Halfaya dan desa sekitarnya, kata mereka, merebut kembali wilayah dikuasai oposisi dari pasukan Presiden Suriah, Bashar al-Assad, tahun lalu.

"Kami menguasai Halfaya dan beberapa bukit di sekitar daerah itu," kata sumber militer Suriah, seperti dilaporkan Reuters, Senin (24/4/2017).

"Tentara tentu saja akan terus melakukan perjuangan," tambahnya.

Dengan bantuan serangan udara Rusia dan petempur yang didukung Iran, tentara Suriah telah berhasil merebut daerah yang dikuasai oposisi di utara Hama,dan memperluas kontrolnya minggu ini di sepanjang jalan raya, yang menghubungkan daerah itu dengan Damaskus dan Aleppo.

Organisasi Pemantau Hak Asasi Manusia untuk Suriah (SOHR), sebuah kelompok pemantau perang yang berbasis di Inggris, mengatakan bahwa para tentara mulai maju ke daerah-daerah dekat Halfaya saat oposisi mulai menarik diri pada Minggu, setelah terjadi pertempuran dan serangan udara yang terus-menerus dilancarkan.

Kelompok oposisi memberikan kepastian bahwa kota tersebut telah jatuh setelah beberapa hari digempur dengan serangan udara tanpa henti oleh jet dari Rusia dan Suriah.

Mereka dituduh telah menjalankan "kebijakan bumi hangus" yang menggunakan fosfor dan bom pembakar di daerah yang ditempati warga sipil.

"Jet Rusia telah meningkatkan serangan bom mereka mendukung serangan darat yang dilancarkan rezim tersebut. Hal ini memungkinkan mereka melakukannya," kata Mohamed Rasheed, juru bicara Pasukan Pembebasan Suriah (FSA), kelompok oposisi Jaish al Nasr.

Pesawat tempur menggempur Halfaya dan beberapa wilayah di dekat Jalan raya di wilayah yang sangat penting bagi pemerintahan Bashar itu.

Kelompok oposisi berusaha keras mempertahankan kota tersebut dalam beberapa hari belakangan.

Sebelumnya, tentara Suriah berhasil merebut kendali Soran, gerbang utara untuk masuk ke kota Hama, hal ini berarti bahwa pasukan Suriah telah berhasil merebut sebagian besar wilayah yang dikuasai pihak oposisi dengan melakukan serangan besar pada bulan lalu.

Dengan bantuan sekutunya, pemerintah Suriah mendapatkan keuntungan militer atas perang enam tahun melawan beragam oposisi, termasuk beberapa kelompok dukungan Turki, AS, dan negara-negara Teluk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com