Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulan Depan, Presiden Erdogan Akan Bertemu Donald Trump

Kompas.com - 19/04/2017, 18:15 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Kementerian luar negeri Turki mengatakan Presiden Recep Tayyip Erdogan dijadwalkan bertemu Presiden AS Donald Trump pada Mei mendatang.

"Kami akan memastikan tanggal pertemuan kedua presiden pada Mei sebelum KTT NATO seperti sudah pernah disampaikan kedua pemimpin," ujar Menlu Turki Mevlut Cavusoglu di Ankara.

KTT NATO dijadwalkan pada akhir Mei di Brussels yang juga menurut rencana akan dihadiri Presiden Trump.

Namun, Cavusoglu tidak menjelaskan apakah pertemuan kedua presiden akan digelar di sela-sela KTT NATO atau di lokasi berbeda.

Trump membuat berita ketika dia menelepon Erdogan pada Senin (17/4/2017) untuk memberikan selamat atas kemenangannya dalam referendum.

Langkah Trump itu sangat kontras dengan para pemimpin Eropa yang menahan diri karena hasil referendum itu masih diperkarakan pihak oposisi.

Cavusoglu mengatakan, dalam pembicaraan telepon tersebut membicarakan keinginan untuk bertemu di Washington DC untuk meningkatkan hubungan bilateral.

Selain itu, Turki berharap hubungan dengan pemerintahan Amerika bisa membaik setelah memburuk di masa pemerintahan Barack Obama terutama terkait masalah Fethullah Gulen.

Fethullah Gulen, ulama yang dituding sebagai dalang kudeta militer yang gagal tahun lalu, kini bermukim di Amerika Serikat.

Turki berulang kali meminta pemerintah AS untuk mengekstradisi Gulen, tetapi permintaan itu belum dipenuhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com