Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hakim Perempuan Muslim Pertama AS Ditemukan Tewas

Kompas.com - 13/04/2017, 10:57 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Seorang perempuan ahli hukum berkulit hitam, perempuan Muslim pertama yang menjadi hakim di Amerika Serikat ditemukan tewas di Sungai Hudson, New York, Rabu (12/4/2017).

Sheila Abdus-Salaam, seorang hakim anggota AS berusia 65 tahun, yang bekerja di pengadilan tinggi New York, ditemukan mengambang di sisi barat Manhattan, Rabu, kata polisi.

Hakim tersebut ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa pada Rabu siang, demikian dilaporkan Reuters, Kamis (13/4/2017).

Polisi menarik mayat Abdus-Salaam yang masih berbalut berpakaian dinas lengkap pada sekitar pukul 13.45  waktu setempat di New York.

Polisi sudah mengidentifikasi keluarganya dan mengotopsi jenazah untuk menentukan penyebab kematian.

Abdus-Salaam, yang berasal dari Washington DC, menjadi perempuan berdarah Afrika-AS yang pertama menjadi hakim di Pengadilan Banding.

Belakangan Gubernur New York, Mario Cuomo dari Demokrat, mengangkatnya untuk ditugaskan di pengadilan tinggi negara bagian pada 2013.

"Hakim Sheila Abdus-Salaam adalah ahli hukum yang seluruh hidupnya untuk pelayanan publik dan membuat semua warga New York merasakan keadilan," kata Cuomo dalam sebuah pernyataan.

Menurut Encyclopedia of American Political History, Sheila Abdus-Salaam adalah perempuan Muslim pertama yang menjadi hakim di AS.

Harian New York Post melaporkan, Abdus-Salaam telah menghilang dari rumahnya di New York sejak Rabu pagi. Upaya untuk menghubungi keluarganya tidak berhasil.

Perempuan tersebut lulus dari Barnard College dan Columbia Law School.  Abdus-Salaam pun memulai karir hukumnya sebagai asisten jaksa agung negara bagian New York.

Dia mengadakan serangkaian kampanye tentang lembaga peradilan dan rasa keadilan di situs daring setelah terpilih sebagai hakim di New York City pada tahun 1991.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com