Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dianggap Rasis, Nivea Tarik Iklan Deodoran

Kompas.com - 06/04/2017, 10:29 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Produsen kosmetik asal Jerman Nivea, meminta maaf dan menghapus iklannya yang dianggap diskriminatif terhadap perempuan kulit berwarna.

Iklan produk deodoran Invisible ini menggunakan slogan white is purity atau putih adalah kemurnian lengkap dengan sosok seorang perempuan berkulit putih.

Iklan yang dipasang dalam laman Facebook tersebut, sebenarnya ditujukan untuk para pengguna produk Nivea di kawasan Timur Tengah.

Manajemen perusahaan kosmetik Nivea mengaku bahwa iklan tersebut bisa dianggap 'menyesatkan.'

Banyak netizen di media sosial menuding iklan itu rasis, tetapi di sisi lain juga banyak dibagikan secara luas di antara para pengguna Twitter berhaluan kanan.

Iklan di laman Facebook Nivea, yang kemudian dihapus itu, mengunggah foto dengan tulisan berbunyi: "Tetaplah bersih, tetaplah cerah. Jangan biarkan apa pun merusaknya."

Iklan tersebut ditujukan untuk para konsumen di Timur Tengah, meskipun terdapat 19 juta orang di seluruh dunia yang menjadi pengikut laman Facebook Nivea.

Banyak kalangan di media sosial mengeluhkan konotasi rasis dalam iklan Nivea tersebut.

Namun, iklan itu juga dimanfaatkan oleh akun-akun media sosial kalangan ultra kanan yang membanjiri akun Nivea dengan berbagai komentar, antara lain memasukkan foto Hitler dan Pepe si katak, yang tahun lalu dicap sebagai simbol kebencian.

Salah satu akun kelompok ultra kanan AltRight berkomentar: "#Nivea: produk pelembab resmi/anti-bau badan milik #AltRight."

"Muncul keprihatinan terkait diskriminasi etnik karena iklan NIVEA Deodorant Invisible for Black & White di laman Facebook kami untuk NIVEA Timur Tengah," kata juru bicara Nivea di Beiersdorf, Jerman.

"Kami meminta maaf kepada orang-orang yang mungkin telah tersinggung dengan tulisan ini. Setelah menyadari bahwa unggahan itu menyesatkan, kami memutuskannya untuk langsung ditarik."

"Keberagaman serta kesetaraan adalah nilai-nilai penting NIVEA: Merek ini mewakili keberagaman, toleransi, dan kesetaraan."

"Kami menghargai perbedaan. Diskriminasi langsung atau tidak langsung harus disingkirkan dari semua keputusan, dan dalam semua bidang kegiatan kami."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com