Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Luncurkan Kapal Selam Baru yang Paling Modern di Dunia

Kompas.com - 05/04/2017, 18:24 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia mengungkapkan kapal selam canggih terbarunya yang mampu membawa ratusan terpedo dan berlayar dengan kecepatan 31 knot.

Kapal selam kelas Yasen bertenaga nuklir bernama Kazan ini dipersenjatai 300 buah torpedo dan delapan rudal Kalibr atau Oniks.

Kapal baru yang diluncurkan di galangan Sevmash, Severodvinsk, wilayah utara Rusia itu dirancang untuk menghancurkan kapal selam musuh, kapal perang, pangkalan AL, dan target lainnya.

Kapal selam berukuran panjang 139 meter ini dikabarkan bisa mengangkut 90 orang kru dan bisa berlayar 100 hari penuh di lautan dan bisa menyelam hingga kedalaman 600 meter.

Baca: Kapal Selam Rusia Dicegat Angkatan Laut Inggris

Mesin bertenaga nuklir yang dipasang pada kapal selam ini menghasilkan 43.000 tenaga kuda dan persenjataannya bisa menembak sasaran pada jarak hingga 2.400 kilometer.

Dalam peluncuran kapal selam itu, panglima AL Rusia Laksamana Vladimir Korolyov mengklaim, kapal tersebut adalah yang paling modern di dunia saat ini.

Dia juga menegaskan, kapal selam ini sangat sulit dilacak musuh karena suara yang dihasilkan mesinnya sangat minim.

Peluncuran  ini bertepatan saat armada kapal selam Rusia mencatatkan level pelayaran yang tak pernah dicapai sejak masa Perang Dingin.

Baca: Nelayan Inggris Klaim Kapalnya Diseret Sebuah Kapal Selam Rusia

Tahun lalu, seluruh armada kapal selam Rusia mencatat 3.000 hari patroli yang dianggap Laksamana Korolyov sebagai sebuah pencapaian sempurna.

Kapal selam ini diharapkan sudah bisa digunakan AL Rusia pada tahun depan. Pihak angkatan laut berharap bisa memiliki tujuh kapal selam jenis ini pada 2023. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com