Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bela Kawannya yang Punya Selingkuhan, Duterte Dikecam

Kompas.com - 05/04/2017, 15:25 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Rabu (5/4/2017), karena membela sekutu politiknya yang melakukan perzinahan.

Duterte mengatakan, Pantaleon Alvarez, sama seperti dirinya, memiliki "banyak istri". Pernyataan ini disampaikan setelah ketua parlemen itu mengakui perselingkuhannya.

"Dunia ini penuh kemunafikan. Siapa di antara kalian yang tak memiliki selingkuhan? Ini sama sekali bukan masalah," ujar Duterte alam pidato yang diudarakan di televisi, Selasa (4/4/2017) malam.

Komentar Duterte ini memicu kritikan tajam dari banyak pihak di negeri dengan mayoritas penduduknya adalah umat Katolik konservatif.

Sebagian besar warga Katolik Filipina sangat menentang perceraian atau hubungan asmara di luar pernikahan.

"Pernyataan ini menunjukkan sikap yang meremehkan perjuangan dan upaya untuk mendapatkan kesetaraan hak dan gender," ujar Senator Risa Hontiveros.

Pantaleon Alvarez adalah pejabat dengan kedudukan tertinggi keempat di Filipina itu adalah kawan lama sekaligus sekutu Duterte.

Alvarez menjadi pembicaraan setelah pekan lalu dia mengakui memiliki delapan anak, enam di antaranya berasal dari dua perempuan lain yang bukan istrinya.

Dalam pidatonya di hadapan para pegawai negeri di Manila, Duterte mengakui pembelaannya terhadap Alvarez merupakan pernyataan yang bersifat chauvinis.

"Kenyataannya, banyak sekali perempuan di dunia, dan Anda sekalian hanya memiliki waktu yang singkat di dunia. Ya Tuhan!" kata Duterte yang disambut gelak tawa hadirin.

"Masalah yang paling penting adalah Anda harus mampu menghidupi anak-anak. Itu saja," tambah dia.

Duterte mengatakan, Alvarez tak wajib hanya memiliki satu istri karena dia tak memeluk agama Katolik.

"Dia tak terikat aturan terkait jumlah istri yang bisa dinikahinya," tambah Duterte.

Duterte (72), yang diketahui pernah menikah beberapa kali, secara terbuka mengakui dia memiliki banyak selingkuhan dan harus menggunakan Viagra untuk berhubungan seks.

"Siapa yang tak ingin bersenang-senang? Tanya semua politisi, berapa banyak selingkuhan yang mereka punya. Dua, tiga, atau empat? Tanya mereka," tambah Duterte.

Pernyataan Duterte ini langsung dikecam sebagai standar ganda. Sang pengecam adalah Elizabeh Angsioco, ketua Perempuan Sosial Demokrat Filipina.

"Para pria ini sangat berkuasa sehingga tak pantas mereka bicara begitu enteng soal masalah seperti ini. Ini sangat berbahaya," ujar Elizabeth.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com