Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diancam Kelompok Kanan, Pusat Kegiatan Yahudi di Swedia Tutup

Kompas.com - 04/04/2017, 06:33 WIB

UMEA, KOMPAS.com - Asosiasi komunitas Yahudi di Swedia memutuskan untuk menutup kegiatan mereka, menyusul ancaman dari kelompok-kelompok ekstrem kanan.

Kegiatan di pusat komunitas Yahudi di Kota Umea ini ditutup tujuh tahun setelah didirikan.

Laporan televisi di Swedia menunjukkan, sebuah mobil dirusak dan mereka yang datang ke pusat komunitas menerima pesan ancaman, yang antara lain bertulis 'kami tahu di mana Anda tinggal'.

Para anggota komunitas Yahudi mengatakan, aparat setempat tak bisa memberikan tingkat pengamanan yang diperlukan.

Juru bicara komunitas, Carinne Sjoberg, mengatakan karena alasan keselamatan, tak ada anggota yang mengikuti berbagai kegiatan di pusat Yahudi ini.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi SVT, Sjoberg mengatakan, ancaman dan perusakan membuat para orangtua tak lagi berani mengirim anak-anak mereka ke tempat itu.

Kepada reporter radio setempat, Sjoberg juga mengatakan, "tak semestinya anak-anak kami merasa malu dengan identitas yang kami miliki."

Baca: Warga Muslim Galang Dana untuk Perbaiki Makam Yahudi yang Dirusak

Beberapa pemuka masyarakat mengatakan kaum Yahudi makin sulit menjalankan kehidupan yang normal di beberapa kota di Swedia.

"Para pemeluk Yahudi di Gothenburg dan Umea menghadapi masalah yang disebabkan oleh kelompok-kelompok (ekstrem kanan seperti) neo-Nazi. Di kota-kota lain seperti Stockholm, situasinya lebih aman," ungkap Isak Reichel, kepada BBC.

Isak Reichel adalah Sekretaris Jenderal Dewan Pusat Komunitas Yahudi di Swedia.

Sementara, di Kota Malmo di Swedia selatan ancaman yang ditujukan ke komunitas Yahudi biasanya berasal dari kelompok Islam garis keras.

Dua tahun lalu di Umea digelar peringatan pecahnya insiden kekerasan massal terhadap kaum Yahudi di Jerman, yang terjadi pada 1938.

Namun, komunitas Yahudi tidak diundang dalam peringatan ini.

Baca: Masjid Terbakar, Warga Yahudi Pinjamkan Sinagoga untuk Umat Islam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com