Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenazah 2 WNI Korban TPPO di Suriah Dipulangkan ke Tanah Air

Kompas.com - 03/04/2017, 16:18 WIB

BEIRUT, KOMPAS.com - Jenazah dua warga Negara Indonesia (WNI) yang diduga menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPO) di Suriah, dikembalikan ke Tanah Air pada Senin (3/4/2017).

Pengembalian jenazah WNI asal Cianjur, Napiroh Bt Andang dan asal Indramayu, Kasem Tumin, itu dilakukan melalui Beirut, Lebanon.

Prosesi pelepasan jenazah dihadiri Duta Besar RI untuk Republik Arab Suriah Djoko Harjanto, serta staf Kedubes RI Damaskus.

Pemulangan jenazah-jenazah ini dilakukan setelah terbit surat pernyataan dari keluarga melalui BNP2TKI dan BP3TKI Bandung, yang meminta agar jasad keduanya dimakamkan di daerah asal.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com disebutkan, proses penanganan kedua jenazah dimulai dengan pemandian dan pengafanan jenazah di RS Mujtahid.

Jenazah lalu diberangkatkan dari Damaskus menuju Beirut untuk diterbangkan ke Indonesia pada hari yang sama.

Dalam sambutan pelepasan, Djoko Harjanto mengatakan, dengan musibah kematian yang bukan pertama kali ini, diharapkan bisa menjadi pelajaran.

Para pelaku pengiriman WNI/TKW di Indonesia harus menyadari bahwa upaya mereka tidak akan membuahkan hasil positif, bahkan sebaliknya hanya berujung pada jatuhnya korban jiwa.

Belum lagi penderitaan yang dialami keluarga yang ditinggalkan, dan juga menyusahkan banyak pihak. 

“Namun demikian, kedua almarhumah adalah hamba Allah dan saudara kita semua. Karenanya adalah kewajiban kita sesama saudara," kata Djoko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com