Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Israel "Blokade" Pemantau Asing untuk Masuk ke Gaza?

Kompas.com - 03/04/2017, 12:42 WIB

GAZA CITY, KOMPAS.com - Sebuah organisasi pemantau hak asasi manusia, Senin (3/4/2017), menuduh Pemerintah Israel menghalangi langkah para periset asing untuk masuk ke wilayah Jalur Gaza.

Para periset itu sedang menjalankan misi untuk mendokumentasikan pelanggaran-pelangaran HAM yang terjadi di wilayah itu.

Pembatasan ini kontan memunculkan pertanyaan besar terhadap Israel yang mengaku berkomitmen untuk menyelidiki kemungkinan pelanggaran hak asasi manusia di sana.

Dalam laporan setebal 47 halaman, organisasi itu menuduh Israel melakukan proses penghambatan secara sistematis di pintu masuk ke Gaza sejak 2008.

Selama masa itu, tercatat hanya satu kali diterbitkan satu ijin khusus tahun lalu.

Kelompok ini, seperti diberitakan AFP, juga menyebut juga melakukan praktik serupa kepada mereka dan Amnesty International yang berkedudukan di London, untuk masuk ke Gaza dari wilayah Mesir.

Praktik Mesir itu dilakukan sejak tahun 2012 lalu.

Israel dan Mesir menerapkan blokade di Gaza, sebuah wilayah yang menjadi tempat tinggal bagi setidaknya dua juta warga.

Hal itu terjadi sejak kelompok Hamas mengambil alih teritorial itu pada tahun 2007.

Israel dan Hamas, -kelompok berasaskan Islam yang berjuang menghancurkan Israel, bertempur selama tiga tahun sejak saat itu.

Kelompok-kelompok pemantau HAM pun sejak lama menuduh kedua pihak melakukan kejahatan perang di masa itu.

Sejalan dengan itu, Pengadilan Kriminal Internasional menggelar penyelidikan awal terkait kemungkinan adanya pelanggaran yang dilakukan kedua belah pihak.

Di sisi lain, Israel telah lama menuding lembaga-lembaga pemantau HAM telah melakukan tuduhan yang tak adil, dan bias terhadap mereka. 

Bulan lalu, Israel menolak memberikan ijin bekerja bagi Direktur Regional dari sebuah lembaga HAM berkedudukan di New York. Beberapa saat kemudian yang bersangkutan bisa masuk ke Israel dengan menggunakan visa turis.

Lembaga pemantau HAM menyebut, pembatasan Israel ini memunculkan rasa sangsi atas klaim yang menyebut Israel menggelar penyelidikannya sendiri atas isu tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com