Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berang, Presiden Duterte Caci Maki 2 Media Besar di Filipina

Kompas.com - 30/03/2017, 20:01 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte yang berang, kembali mengundang perhatian dunia dengan kalimat kasar yang dilontarkannya kepada dua media utama di negeri itu.

Duterte memaki dua media dengan sebutan "anak pelacur", sambil mengancam adanya "karma" atas kritik dan pemberitaan tentang kebijakan pemberantasan narkoba di Filipina.

Baca: Wisata Filipina Terpuruk, Media Diminta Kurangi Isu Pembunuhan Ala Duterte

Serangan verbal Duterte itu dilancarkan kepada jaringan televisi ABS-CBN dan harian terkemuka the Philippine Daily Inquirer.

Hal itu, seperti diberitakan AFP, Kamis (30/3/2017) terjadi saat Duterte menyampaikan pidato, sekaligus mengecam Uni Eropa yang menyebut langkah Duterte sebagai pelanggaran hak asasi manusia. 

"Saya tidak mengancam mereka, tapi suatu saat nanti akan ada karma yang mereka alami," kata Duterte kepada dua media itu. 

"Apa yang mereka lakukan memalukan, mereka anak-anak jurnalis pelacur," sebut Duterte lagi. 

Duterte kemudian menyebut keluarga Prieto dan Lopez yang memiliki the Inquirer dan ABS-CBN sebagai "oligarki" yang menggunakan media untuk mempromosikan kandidat politik yang mereka pilih. 

"Itulah yang kini melanda masyarakat Filipina, itu adalah media yang korup, wajah Prieto dan Lopez, dengan uang mereka dan gereja," katanya. 

Duterte juga mengancam akan menggunakan stasiun televisi pemerintah untuk membuat malu kedua keluarga itu.

"Saya juga akan melakukan hal serupa kepada kalian. Saya akan menghantui hidup kalian dan anak-anak kalian," ungkap Duterte. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com