Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Ekor Anjing Ini Bantu Tangkap Penjahat di India

Kompas.com - 27/03/2017, 17:36 WIB

CHENNAI, KOMPAS.com - Dua ekor anjing di kota Chennai, Madras, India, menjadi pahlawan yang tak disangka-sangka setelah membantu menangkap pelaku penusukan.

Keduanya mengejar dan kemudian menggigit orang yang dituduh menusuk mantan rekan kerjanya di pinggir jalan – yang menurut polisi merupakan “serangan balas dendam”.

Warga kemudian bisa menangkap orang itu, yang teridentifikasi sebagai R Raghunath. Korban, seorang perempuan, saat ini mendapat perawatan karena luka di bagian perut.

Polisi mengatakan, Raghunath menyerang korban karena dia kehilangan pekerjaan setelah perempuan itu menuduhnya melakukan pelecehan seksual, seperti dilaporkan BBC, Senin (27/3/2017).

"Ketika mereka (dua ekor anjing itu) menggigit, dia tidak bisa lari karena fokusnya adalah pada anjing. Ketika itulah saya dan orang-orang bisa memegangi dia sampai polisi datang dan membawanya pergi,'' kata S Raman, seorang tukang becak yang mengurus dua anjing itu.

Raman mengatakan, dua anjing yang sama-sama bernama puppy itu mengejar tersangka setelah korban, yang ditikam di perut, mulai berteriak.

Natasha Chandy, seorang pawang anjing yang berbasis di Banglore, mengatakan kepada BBC Hindi bahwa perilaku anjing itu tidak mengherankan.

"Anjing di jalanan sangat naluriah. Mereka dapat merasakan stres dan membaca bahasa tubuh dengan sangat baik,” katanya.

“Dalam hal ini, anjing-anjing mungkin telah merasakan sesuatu yang salah, terutama jika wanita berteriak ketika dia ditikam," ia menambahkan.

Menurut Chandy, juga normal bagi anjing untuk menyelamatkan mereka yang terluka. Juga sangat mungkin bahwa “insting mengejar” hewan itu terpacu karena melihat orang lari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com