Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erdogan: Saya Tetap Akan Sebut Pemimpin Eropa "Nazi"

Kompas.com - 24/03/2017, 06:14 WIB

ISTANBUL, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Kamis (23/3/2017), menegaskan, dia tetap akan menyebut para pemimpin Eropa sebagai "Nazi" jika mereka terus menyebut dirinya sebagai diktator.

"Bagaimana bisa, Anda berhak menyebut Erdogan diktator tetapi Erdogan tak boleh menyebut Anda fasis atau Nazi?" kata Erdogan dalam wawancara dengan stasiun televisi CNN Turk dan Kanal D.

Pada Senin lalu, pemerintah Jerman menyebut pernyataan Erdogan yang mengecam Kanselir Angela Merkel yang disebutnya menggunakan "cara Nazi".

Meski mengecam Erdogan, pemerintah Jerman tetap berusaha untuk menghindari semakin memanasnya perseteruan kedua negara.

Namun Erdogan, yang juga melakukan hal serupa terhadap pemerintah Belanda, nampaknya tidak puas dengan upaya pemerintah Jerman.

"Mereka menuduh saya lalu menyebut Erdogan sebagai seorang diktator. Jadi saya akan tetap menyebut mereka dengan cara seperti selama ini," tambah Erdogan.

Hubungan Turki dan Eropa memburuk setelah beberapa menteri pemerintahan Erdogan dilarang masuk ke beberapa negara Eropa untuk mengkampanyekan dukungan terhadap Erdogan menjelang referendum bulan depan.

Ankara menuding perilaku beberapa negara Eropa itu adalah peninggalan Nazi dan dia juga menyatakan merasakan peningkatan Islamofobia serta rasialisme di Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com