Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Teror di London Teridentifikasi, Khalid Masood Berusia 52 Tahun

Kompas.com - 23/03/2017, 23:07 WIB

LONDON, KOMPAS.com – Sehari setelah serangan maut yang menewaskan empat orang, polisi Inggris berhasil mengidentifikasi pelaku sebagai Khalid Masood, Kamis (23/3/2017) sore.

Pria berusia 52 tahun itu adalah warga Inggris kelahiran Kent, aslinya disebut Cantia, sebuah sebuah daerah (county) di Inggris tenggara dengan ibu kotanya Maidstone.

Menurut Reuters, polisi telah menetapkan dia sebagai pria dianggap bertanggung jawab atas serangan teror di Westminster, yang menewaskan tiga orang, dan termasuk pelaku yang ditembak polisi.

Para detektif Inggris meyakini bahwa Masood baru-baru ini telah menetap di daerah West Midlands yang beribukotakan Birmingham.  

Dalam sebuah operasi pada Kamis ini, polisi Inggris (Scotland Yard) telah menangkap setidaknya tujuh orang dari Birmingham dan London.

Scotland Yard mengatakan, Masood diduga melakukan serangkaian tindakan sebelumnya , yakni melukai tubuh secara sengaja (grievous bodily harm), kepemilikan senjata penyerang, dan pelanggaran ketertiban umum.

Tindakan pertama ia lakukan pada November 1983 yakni melakukan kejahatan yang merusak dan terakhir adalah kepemilikan pisau pada Desember 2003.

Ia tidak pernah dihukum karena kejahatan terorisme. Masood juga dikenal memiliki sejumlah nama samaran.

Sebelumnya, Perdana Menteri Theresa May mengatakan, penyerang dalam aksi teror di kawasan Westminster, termasuk di dekat gedung Parlemen Inggris, adalah pria kelahiran Inggris.

May mengatakan, pria tersebut juga telah diselidiki atas dugaan kekerasan ekstremisme oleh MI5 (Dinas Intelijen Militer, Bagian 5) Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com