Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Uji Coba Mesin Terbaru, untuk Roket Satelit atau Rudal?

Kompas.com - 19/03/2017, 08:23 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Utara telah menggelar uji coba atas mesin baru berperforma tinggi untuk roket mereka. Kabar itu dilansir kantor berita korut, KCNA, Minggu pagi (19/3/2017).

Menanggapi uji coba tersebut, Pemimpin Korut Kim Jong-Un mengatakan, seluruh dunia akan segera menyaksikan apa arti penting meraih kemenangan besar.

"Pengembangan dan penyelesaian mesin pendorong baru berkekuatan besar ini menjadi dasar ilmiah dan teknologi untuk mendukung kemampuan pengiriman satelit tingkat dunia demi pengembangan di bidang luar angkasa."

Sementara, para pengamat di luar Korut menduga, program mesin roket ini merupakan bagian dari pengembangan tes peluru kendali nuklir yang dikembangkan Pyongyang. 

Seperti diberitakan AFP, mesin roket ini pun akan dengan mudah diubah fungsinya menjadi mesin pendorong untuk peluru kendali.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Rex Tillerson tiba di Beijing, Sabtu kemarin, setelah melakukan kunjungan ke Jepang dan Korea Selatan.

Tillerson mengatakan, AS tidak akan lagi menggunakan pendekatan diplomasi "sabar" seperti yang selama ini digunakan dan selalu gagal.

Dia menegaskan, tindakan militer AS untuk melawan Korut sudah menjadi opsi yang siap digelar.

Peringatan keras AS ini menyusul dua uji coba senjata nuklir Korut tahun lalu, dan percobaan peluru kendali yang baru lalu, yang disebut oleh Pyongyang sebagai persiapan menyerangan pangkalan AS di Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com