Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

31 Pengungsi Somalia Tewas Diserang Saat Lintasi Perairan Yaman

Kompas.com - 17/03/2017, 16:31 WIB

DUBAI, KOMPAS.com – Tiga puluh satu pengungsi Somalia yang sedang berada di sebuah perahu di pantai selatan Yaman tewas akibat diserang sebuah helikopter tempur, Kamis (16/3/2017) malam.

Pengungsi Somalia itu sebenarnya hendak melintasi pelabuhan di daerah Hodeidah yang dikuasasi pasukan pemberontak Houthi, seperti dilaporkan Reuters.

Seorang petugas penjaga pantai setempat,  Mohamed al-Alay, mengatakan kepada Reuters bahwa para pengungsi, yang membawa dokumen resmi dari badan pengungsi PBB (UNHCR), hendak bergerak dari Yaman menuju Sudan ketika tiba-tiba mereka diserang dengan helikopter Apache dekat selat Bab al-Mandeb.

Seorang pelaut yang pernah mengoperasikan armada pengangkut pengungsi, Ibrahim Ali Zeyad, mengatkan, 80 pengungsi telah dievakuasi setelah insiden mematikan tersebut.

Belum diketahui secara pasti, helikopter dari mana yang melakukan serangan. Namun, yang pasti, perang saudara sedang berkecamuk di negara paling miskin di Dunia Arab itu.

Yaman sedang dicabik-cabik perang saudara antara para loyalis presiden terguling, Abdu Rabbo Mansour Hadi dan pemberontak Houthi yang menggusur Hadi dari Sana’a, ibu kota Yaman.

Koalisi Arab Saudi berada di kubu Hadi. Sedangkan Iran mendukung Houthi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com