Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Habiskan 15 Persen Waktu sebagai Presiden di Properti Pribadinya

Kompas.com - 14/03/2017, 16:18 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Hingga Senin (13/3/2017) tengah hari waktu AS, Donald Trump menghabiskan 15 persen waktunya sebagai presiden di properti milik pribadinya.

Sebagian besar dia habiskan di Mar-a-Lago, properti miliknya di Palm Beach, Florida. Selain itu, Trump juga makan malam di hotel miliknya di Washington DC dan sepanjang akhir pekan berada di Trump National Golf Club, Virginia.

Di padang golf miliknya itu, Trump menggelar rapat kabinet terbatas pada Sabtu (11/3/2017).

Menurut analisa harian The Washington Post, selama satu bulan pertama menjadi presiden, Trump menghabiskan 186 jam dari 1.248 jam kerjanya di properti pribadinya.

Sebagian besar kunjungan ke properti pribadinya itu terjadi pada akhir pekan, dan terkadang diperpanjang hingga ke hari kerja.

Kebiasaan ini masih akan berlanjut pada April, sebab Trump berencana akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Mar-a-Lago pada 6-7 April mendatang.

Meski Trump menyatakan mundur dari posisinya dalam Trump Organization, tetapi keterkaitannya dengan Mar-a-Lagi dan properti lainnya masih sangat nyata.

Dalam situs resmi Mar-a-Lago, kata sambutan Trump masih ditayangkan di laman untuk para anggotanya.

Tak lama sebelum Trump menjadi presiden, uang iuran untuk anggota baru Mar-a-Lago dinaikkan dua kali lipat menjadi 200.000 dolar AS.

Kebiasaan Trump menggelar urusan kepresidenan di tempat itu juga menimbulkan pertanyaan dan masalah keamanan.

Para analis dari Politico memperkirakan setiap kali Trump datang ke Mar-a-Lago maka dibutuhkan biaya pengamanan tak kurang dari 3 juta dolar.

Sejak Trump menjadi presiden, pencarian internet terkait Mar-a-Lago meningkat. Peningkatan semakin tajam setelah PM Jepang Shinzo Abe datang ke tempat itu.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com