Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur Suriah Jatuh di Turki, Pilot Klaim Telah Ditembak

Kompas.com - 06/03/2017, 09:53 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Seorang pilot AU Suriah yang jatuh di Turki mengklaim pesawat yang dikemudikannya telah ditembak.

Namun, pernyataan resmi militer Suriah mengatakan, pesawat itu jatuh akibat kesalahan teknis.

Dalam pernyataan awalnya kepada pemerintah Turki, pilot itu mengaku pesawatnya ditembak saat sedang dalam misi ke kawasan pinggiran Idlib, wilayah utara Suriah.

Kantor berita Anadolu mengatakan, sang pilot melompat dari pesawatnya yang kemudian jatuh di wilayah Turki.

Tim penyelamat Turki akhirnya menemukan pesawat itu dan membawa sang piot untuk dirawat di sebuah rumah sakit di wilayah Hatay.

Wakil perdana menteri Turki, Nurettin Canikli mengatakan, pilot itu menderita patah tulang di beberapa bagian tetapi kondisi itu tak membahayakan jiwanya

Meski demikian, ujar Canikli, keputusan untuk memulangkan sang pilot ke Suriah baru akan dibuat dalam beberapa hari mendatang.

"Setelah sebuah pemeriksaan soal kegiatan dan tugas sang pilot itu dipastikan," ujar Canikli.

Pilot berusia 56 tahun itu mengatakan, pesawat MiG 23 yang dia terbangkan itu lepas landas dari kota Latakia, Suriah, sebelum akhirnya jatuh.

Kelompok aliansi Islam Ahrar al-Sham yang menguasai sebagian wilayah utara Suriah merilis video terkait jatuhnya pesawat itu.

Kelompok ini mengklaim sukses menjatuhkan jet tersebut dengan senapan mesin kaliber 23 milimeter saat pesawat itu tengah melakukan pengeboman di sekitar Idlib.

Sedangkan, Gubernur Hatay, Erdal Ata menegaskan, tak ada laporan pelanggaran wilayah udara Turki atau intervensi pasukan Turki dalam insiden tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com