Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarian Saman "Sukses" Disuguhkan di Pelataran Colloseum Roma

Kompas.com - 03/03/2017, 13:22 WIB

ROMA, KOMPAS.com - Tarian Saman ditampilkan secara apik di pelataran Colosseum, Roma, Kamis (2/3/2017) sore waktu setempat.

Keberadaan para penari cilik penuh talenta di Roma tersebut merupakan momentum berharga yang kemudian dimanfaatkan KBRI Roma.

Hal ini guna mempromosikan keindahan budaya Indonesia.

Penampilan tari di lokasi bangunan bersejarah berusia ribuan tahun ini merupakan hal yang istimewa mengingat perizinan yang diperlukan tidaklah mudah.

Keamanan serta kenyamanan tempat wisata dan objek-objek vital di Italia dijaga sangat ketat oleh Pemerintah dan aparat keamanan setempat.

Terlebih, di tengah meningkatnya ancaman terorisme di berbagai negara Eropa.

Uniknya pula, baik Colosseum maupun tarian Saman adalah dua warisan budaya dunia di bawah UNESCO.

Colosseum merupakan situs warisan budaya, dan Tarian Saman adalah warisan budaya dunia tak benda.

Pertunjukan yang dikemas dalam bentuk street performance ini menarik perhatian wisatawan yang tengah mengunjungi objek wisata favorit di Italia itu.

Keunikan dan warna-warni kostum yang dikenakan pun menjadikan kelompok tari yang beranggotakan sembilan anak Indonesia tersebut sebagai sasaran foto bersama dari wisatawan.

Pasangan wisatawan dari Brazil, Anderson dan Mariana, mengungkapkan pujiannya atas upaya mempromosikan keragaman seni budaya Indonesia, melalui cara-cara non konvensional seperti ini.

Sementara itu, salah seorang penari, Amaya (8) menyatakan kegembiraannya karena berkesempatan menari di ikon khas kota Roma.

Berusia antara 8-12 tahun, anak-anak di bawah asuhan Sanggar Kinnari dari Jakarta ini berada di Roma untuk singgah, sebelum melanjutkan perjalanan menuju Agrigento, Sicilia.

Mereka berpartisipasi dalam Festival Budaya Anak-anak Internasional “I Bambini Del Mondo” ke-17, tanggal 4-9 Maret 2017 mendatang.

Dalam kegiatan tersebut, anak-anak dari berbagai belahan dunia akan menampilkan pertunjukan seni budaya di berbagai lokasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com