Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abu Bakar al-Baghdadi Akui Kekalahan ISIS di Irak

Kompas.com - 01/03/2017, 16:45 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com — Pemimpin Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Abu Bakar al-Baghdadi merilis pernyataan yang mengakui kekalahan ISIS di Irak.

Stasiun televisi Irak, Alsumaria, mengutip sejumlah sumber setempat mengabarkan, Al-Baghdadi juga memerintahkan para pendukungnya bersembunyi atau meninggalkan kota Mosul.

Menurut sejumlah sumber di pemerintahan provinsi Nineveh, Irak, pernyataan Al-Baghdadi itu diberi judul "pidato perpisahan" dan didistribusikan di antara para pemuka agama ISIS pada Selasa (28/2/2017).

Lewat surat itu, Al-Baghdadi memerintahkan penutupan kantor-kantor ISIS dan memerintahkan anggotanya yang berasal dari luar negeri untuk pulang atau melakukan bom bunuh diri sambil tak lupa menjanjikan "72 bidadari di surga".

Sebagian besar para pemimpin ISIS di Irak kini sudah melarikan diri ke wilayah Suriah yang masih dikuasainya.

Posisi ISIS di Irak semakin terdesak setelah pada Oktober tahun lalu Irak menggelar operasi besar-besaran untuk merebut Mosul, basis terakhir ISIS di Irak.

Setelah sukses merebut sisi timur Mosul, pasukan federal Irak kini menyeberangi Sungai Tigris untuk merebut sisi barat Mosul yang masih diduduki ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com