Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Perketat Pengamanan Jenazah Kim Jong Nam

Kompas.com - 21/02/2017, 18:07 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Pengamanan di sekitar kamar jenazah yang menyimpan jenazah Kim Jong Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, diperketat seiring munculnya kabar kedatangan keluarganya di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sejumlah polisi bersenjata lengkap tampak berjaga-jaga di kamar jenazah Rumah Sakit Kuala Lumpur, Selasa (21/02). Kedatangan mereka disusul sejumlah kendaraan.

Situasi ini terjadi di tengah spekulasi bahwa putra mendiang Jong Nam, yakni Kim Han Sol, telah tiba di Kuala Lumpur untuk mengambil jasad ayahnya.

Kehadiran sang anak diperlukan mengingat aparat Malaysia hendak mengambil sampel DNA demi memastikan identitas Jong Nam sebelum jenazahnya diserahkan.

Sejauh ini belum ada konfirmasi resmi bahwa Han Sol berada di Malaysia.

Namun, spekulasi berkembang di antara media Malaysia bahwa Han Sol telah tiba di negara tersebut dari Makau pada Senin (20/2/2017) malam waktu setempat.

Kasus dugaan pembunuhan Jong Nam telah mempengaruhi hubungan Malaysia dan Korut.

Pemerintah Malaysia mengatakan "merasa dihina" oleh komentar Duta Besar Korut, Kang Chol, yang menuding Kuala Lumpur berkolusi dengan "pihak-pihak musuh" dan "punya sesuatu yang disembunyikan".

Komentar itu dilontarkan setelah Malaysia menolak menyerahkan jenazah Jong Nam ke Korut tanpa autopsi.

Efek dari komentar tersebut, Malaysia menarik duta besarnya untuk Korut di  Pyongyang.

Sejauh ini, Kepolisian Diraja Malaysia telah menangkap seorang tersangka asal Korut, Ri Jong Chol, dan empat pria lainnya yang amat mungkin telah bertolak ke luar negeri.

Dua perempuan, asal Indonesia dan Vietnam, juga telah ditangkap lebih awal.

Perempuan WNI yang ditangkap, Siti Aisyah – sebelumnya disebut oleh polisi Malaysia sebagai Siti Aishah – kini masih ditahan kepolisian dan belum bisa ditemui pihak Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com