Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setengah Juta Orang Berbarengan Nyanyikan Lagu Kebangsaan India

Kompas.com - 15/02/2017, 15:28 WIB

AHMEDABAD, KOMPAS.com - Sebuah rekor dunia baru tercipta di India dalam hal jumlah orang terbanyak yang menyanyikan lagu kebangsaan dalam satu kesempatan.

Lagu kebangsaan India "Jana Gana Mana" dinyanyikan sebanyak 509.261 orang di Gujarat, kampung halaman PM Narendra Modi, dalam peresmian sebuah kuil Hindu.

"Kegiatan ini menarik perhatian hampir 1 juta orang menurut para auditor, tetapi hanya angka yang kami sampaikan yang diakui sebagai pemecahan rekor," demikian Guinness World Records.

Peristiwa ini terjadi pada akhir Januari lalu tetapi baru saja diakui oleh Guinness World Records.

Dengan pengakuan ini sekaligus mengalahkan rekor sebelumnya yang dicetak di Dhaka, Banglades pada 2014 yang melibatkan 254.500 orang.

"Kami sangat bangga bisa mencetak rekor ini, yang mencapai dua kali lipat dari rekor sebelumnya," kata Paresh Gajera, ketua pelaksana yang kegiatan ini.

Kegiatan patriotik ini muncul di tengah perdebatan sengit terkait eksploitasi lagu kebangsaan serta nasionalisme berlebihan di bawah pemerintahan PM Modi.

Pada November lalu, mahkamah agung India memutuskan semua bioskop harus memainkan lagu kebangsaan sebelum memutar film dan penonton harus berdiri untuk memberi hormat.

Keputusan mahkamah agung ini memicu kemarahan dan dianggap sebagai sebuah serangan terhadap kebebasan sipil.

Sejumlah laporan menyebut, sejumlah penonton bioskop yang tak berdiri saat lagu kebangsaan dikumandangkan mendapatkan serangan fisik serta beberapa orang ditahan karena tak mematuhi aturan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com