Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turki Tangkap Tersangka Perencana Serangan Kelab Malam

Kompas.com - 15/02/2017, 09:16 WIB

ISTANBUL, KOMPAS.com - Pasukan keamanan Turki, Selasa (14/2/2017), mengatakan mereka telah menangkap seorang warga Perancis kelahiran Turki.

Orang tersebut diduga sebagai salah seorang perencana di balik pengeboman kelab malam Reina pada tahun baru 2017 di Istanbul sehingga 39 orang tewas dan 65 orang lainnya terluka.

Jaksa menyebut laki-laki usia 22 tahun itu dengan inisial AS dan mengatakan ia ditangkap di Istanbul pada Minggu (12/2/2017). 

Pejabat Istanbul mengatakan, AS diduga menandatangani sewa rumah yang disewakan kepada tersangka penyerang kelab malam itu, Abdulkadir Masharipov, seorang warga Uzbekistan.

Pihak berwenang Turki mengatakan sembilan tersangka lainnya juga ditahan,  semuanya terkait dengan kelompok yang menamakan diri Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

Harian Sabah di Turki, mengatakan, tersangka lahir di Turki dan pernah menetap di Perancis dan Turki. 

AS dituduh terkait organisasi teroris. Jaksa Sadi Dogan mengatakan kepada media Turki bahwa AS membantu mengatur serangan ke kelab malam di Istanbul.

Laporan-laporan berita mengutip kesaksian yang diberikan di pengadilan pada Sabtu (11/2/2017) yang mengatakan Masharipov mengaku pengikut ISIS. Ia disebut telah mengatakan kepada pengadilan itu bahwa “akan baik jika ia diberi hukuman mati”.

Masharipov, Sabtu (11/2/2017), didakwa menjadi bagian kelompok teroris bersenjata ISIS, memiliki senjata berat, berusaha mengacaukan perintah konstitusi, dan melakukan pembunuhan.

Polisi mengatakan, tersangka melarikan diri dari lokasi penembakan itu dengan berbaur dalam kerumunan yang panik.

Masharipov ditangkap 17 hari kemudian di Istanbul setelah diburu di seluruh negeri.

Pihak berwenang mengatakan ia mendapat pelatihan teroris di Afganistan dan mengakui melakukan serangan di kelab malam Reina yang terjadi dini hari 1 Januari 2017. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com