Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Irak Sasar Rapat Komandan ISIS, Nasib Al-Bagdadi Simpang Siur

Kompas.com - 14/02/2017, 15:39 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com - Jet-jet tempur Irak menghancurkan sebuah rumah yang diyakini digunakan pemimpin ISIS Abubakar al-Baghdadi menggelar pertemuan dengan para komandan seniornya.

Pada Senin (13/2/2017), merilis 13 nama komandan senior ISIS yang tewas dalam serangan itu. Nama Al-Baghdadi termasuk di dalam daftar tersebut.

Militer Irak mengkonfirmasi bahwa Baghdadi, yang nama aslinya adalah Ibrahim Awwad Ibrahim Ali Muhammad al-Badri al-Samarrai, diketahui bergerak dari Suriah ke Irak sebelum serangan udara di kota Anbar digelar akhir pekan lalu.

Kabar yang beredar selama akhir pekan lalu menyebutkan, pria kelahiran Irak itu terluka akibat serangan udara tersebut tetapi berhasil meloloskan diri.

Sudah sejak lama Al-Baghdadi diyakini berpindah-pindah antara wilayah kekuasaan ISIS di Suriah dan Irak untuk menghindari penangkapan.

Pekan lalu, PM Irak Haider al-Abadi mengklaim, pihaknya sudah mengetahui lokasi persembunyian Al-Bahdadi.

Kepada stasiun televisi France24, Al-Abadi mengatakan, Al-Baghdadi tinggal memiliki beberapa orang pembantu setelah sebagian besar komandan seniornya tewas akibat serangan udara koalisi.

"Dia nyaris sendirian saat ini. Dia tak banyak memiliki orang kepercayaan. Dia sudah terisolasi dan kami memantau pergerakannya," kata Al-Abadi.

"Al-Baghdadi mencoba seminim mungkin terlihat. Komunikasi dengan rekan-rekannya sangat terbatas. Seringkali dia nyaris menghilang," tambah Al-Abadi.

Pada Desember lalu, pemerintah AS menggandakan hadiah uang bagi siapa saja yang memberikan informasi keberadaan Al-Baghdadi menjadi 25 juta dolar atau Rp 354 juta dolar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com