Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Swiss Permudah Kewarganegaraan bagi Warga Asing Generasi Ketiga

Kompas.com - 13/02/2017, 07:29 WIB

BERN, KOMPAS.com - Warga Swiss yang mengikuti referendum nasional pada Minggu (12/2/2017) memutuskan untuk mempermudah upaya mendapatkan kewarganegaraan Swiss bagi “warga asing generasi ketiga” di negara itu.

Selain itu referendum juga sepakat membuat sekitar 25.000 warga berusia di bawah 25 tahun yang menjadi pasangan warga Swiss supaya bisa menjalani proses mendapatkan kewarganegaraan secara cepat.

Radio SRF Swiss melaporkan, kebijakan “naturalisasi imigran generasi ketiga” itu diloloskan dalam referendum nasional dengan meraih 60,4 persen suara.

Kebijakan itu membuat anak-anak muda yang orang tua dan kakek-neneknya telah tinggal di Swiss selama bertahun-tahun bisa memperoleh kewarganegaraan dengan mudah.

Di Swiss dan sejumlah negara Eropa lain, dilahirkan di Swiss tidak otomatis mendapat kewarganegaraan negara itu.

Meskipun sekitar 25.000 orang diperkirakan berhak mengikuti proses baru itu, lolosnya referendum itu tentu bisa menimbulkan dampak lebih luas di negara dimana seperempat penduduknya adalah bukan warga negara Swiss.

Warga yang mengikuti referendum pada Minggu juga menolak gagasan reformasi perpajakan yang rumit, yang semula dimaksudkan untuk membuat Swiss mengikuti standar internasional.

SRF melaporkan 59,1 persen pemilih menolak referendum reformasi perpajakan, yang akan menghapus sistem perpajakan dua jalur dengan tingkat pajak lebih rendah bagi perusahaan-perusahaan asing guna menarik investasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com