Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Tembakkan Rudal Balistik Sejauh 500 Km ke Laut Jepang

Kompas.com - 12/02/2017, 08:20 WIB

SEOUL, KOMPAS.com – Korea Utara menembakkan sebuah rudal balistik pada Minggu (12/2/2017) sekitar pukul 07.55 waktu setempat dan melesat  sejauh 500 kilometer.

Rudal tersebut ditembakkan dari pangkalan udara Banghyon, Provinsi Pyongan Utara dan kemudian jatuh di laut Jepang.

Juru bicara kementerian pertahanan Korsel belum bisa memastikan jenis rudal balistik yang ditembakkan pada Minggu pagi itu.

Kantor berita Yonhap mengatakan, militer Korsel menduga rudal tersebut mungkin sejenis dengan rudal balistik jarak menengah Musudan yang pernah ditembakkan sebelumnya.

Korut pada Oktober 2016 telah melakukan pengujian rudal Musudan sebanyak dua kali yang ditembakkan dari pangkalan udara yang sama.

Seoul menyebutkan, penembakan terbaru itu merupakan aksi “unjuk kekuatan” untuk menentang sikap keras pemerintah Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Pyongyang.

“Jangkauan tembakan mencapai sekitar 500 km. Korsel an AS sedang berusaha melakukan analisis lebih detail mengenai informasi tambahan,” kata seorang petinggi Korsel.

Kantor Presiden Korsel mengatakan, tidak lama setelah tembakan rudal Korut itu para pejabat keamanan di Seoul langsung mengadakan pertemuan darurat pada pukul 09.30 waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com