Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melawan Trump, Karyawan Twitter Sumbang Rp 13 Miliar

Kompas.com - 03/02/2017, 21:58 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Para karyawan perusahaan media sosial Twitter menyumbang lebih dari 1 juta dolar AS (sekitar Rp13 miliar) untuk organisasi Persatuan Kebebasan Sipil Amerika (ACLU).

Lembaga itu bertekad untuk melawan kebijakan larangan masuk sementara yang dikeluarkan Presiden Donald Trump terhadap pengungsi dan pendatang dari tujuh negara dengan penduduk mayoritas Islam.

Sekitar 1.000 karyawan Twitter menyumbang lebih dari 500.000 dolar AS , dan pimpinan eksekutif Jack Dorsey bersama CEO Omid Kordestani memberi sumbangan dengan jumlah yang sama.

Dalam beberapa hari belakangan, ACLU sudah menggalang dana mencapai 24 juta dolar AS lewat sumbangan berbagai kalangan.

Sebelumnya, perusahaan berbagi taksi, Lyft, mengatakan akan menyumbang 1 juta dolar AS kepada ACLU selama empat tahun mendatang.

Lewat surat elektronik yang disebar kepada karyawan, Konsul Jenderal Twitter, Vijaya Gadde, menulis, "Kerja kita masih jauh dari selesai."

"Dalam beberapa bulan mendatang kita akan melihat, kesibukan dalam gugatan hukum, tekanan perundangan, dan pernyataan publik. Namun selama kebebasan sipil terancam, saya bangga bahwa sebagai individu kita berdiri untuk mempertahankan kebebasan dan memperhatikan orang lain."

Sejumlah perusahaan teknologi besar di Amerika Serikat, seperti dilaporkan Bloomberg, sedang menyiapkan surat terbuka kepada Presiden Trump untuk mengungkapkan keprihatinan atas perintah eksekutif imigrasi yang dikeluarkannya dan menawarkan bantuan 'untuk memperbaikinya'.

Sementara layanan berbagi pesan, Viber, menawarkan sambungan telepon internasional gratis ke tujuh negara yang menjadi sasaran kebijakan Trump yaitu Iran, Irak, Libya, Somalia, Sudan, Suriah, dan Yaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com