Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Direktur Departemen Kekayaan Intelektual Curi 3 Lukisan di Hotel

Kompas.com - 26/01/2017, 22:20 WIB

KYOTO, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan Thailand mengaku akan menyediakan pengacara dan tenaga penerjemah bagi seorang pejabat seniornya, Suphat Saquandeekul.

Suphat Saquandeekul ditangkap di Kyoto, Jepang, dengan tuduhan mencuri tiga buah lukisan dari sebuah hotel di kota itu.

Polisi menyebutkan Suphat Saquandeekul ditangkap sejak Selasa lalu. Penangkapan terjadi setelah polisi menemukan tiga lukisan di dalam bagasinya, saat dia akan meninggalkan hotel.

Sebelum penangkapan, petugas hotel telah menyaksikan ada seorang lelaki memindahkan ketiga lukisan itu dari lorong di hotel. Adegan itu terlihat dalam rekaman video keamanan.

Selanjutnya, petugas itu menyampaikan laporan kepada polisi. Demikian seperti dikutip dari laman Japan Today, Kamis (26/1/2017). 

Ketiga lukisan pemandangan yang bernilai sekitar 15.000 Yen atau kira-kira Rp 1,8 juta itu tergolong berukuran kecil. Lebarnya hanya 40 cm dan tingginya 35 cm.

Pejabat kepolisian di Kyoto yang menolak disebutkan identitasnya memastikan Suphat telah mengakui perbuatannya itu.

Suphat mengaku mencuri semata-mata karena suka dengan gambar-gambar itu.

Meski demikian, belum ada dakwaan yang diajukan terhadap warga Thailand itu. Aparat kepolisian masih mungkin menahan Suphat hingga Kamis ini, sebelum menyerahkannya ke kejaksaan.

Selanjutnya, kejaksaan memiliki waktu 21 hari lagi untuk memutuskan apakah Suphat akan didakwa di bawah hukum yang berlaku di Jepang.

Masih belum jelas, apakah Suphat yang menjabat sebagai Wakil Direktur di Departemen Kekayaan Intelektual Thailand itu, berada di Jepang untuk kunjungan dinas atau pribadi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com