Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Lengser, Obama Kirim Rp 3 Triliun untuk Palestina

Kompas.com - 24/01/2017, 16:54 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Pada jam-jam terakhirnya berkantor di Gedung Putih, tindakan terakhir Barack Obama adalah mengirimkan dana 221 juta dollar AS atau hampir Rp 3 triliun untuk Pemerintah Palestina.

Dana yang dikirimkan itu akan digunakan untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Tepi Barat dan Jalur Gaza serta berbagai proyek pemerintah dan reformasi politik.

Dana ini tetap dicairkan meski sejumlah anggota Kongres dari Partai Republik mencoba memblokirnya.

Kementerian Luar Negeri AS mengatakan sudah mengirimkan uang itu beberapa jam sebelum pelantikan Donald Trump.

Selain itu, Obama juga mencairkan anggaran untuk program terkait perubahan iklim sebesar 4 juta dollar AS, dan untuk berbagai badan PBB sebanyak 1,25 juta dollar AS.

Kabar pengiriman dana untuk Palestina ini muncul saat pemerintahan Donald Trump sedang memulai tahapan rencana memindahkan Kedubes AS dari Tel Aviv ke Jerusalem.

PM Israel Benyamin Netanyahu mengatakan sudah menelepon Trump pada Minggu malam, tetapi dalam pembicaraan tersebut tak menyebut soal pemindahan Kedubes AS.

Sebelumnya, rencana pemindahan kedubes ini sangat ditentang, terutama oleh Palestina, yang menyebut langkah tersebut akan mematikan prospek perdamaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com