Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Undang Netanyahu ke Gedung Putih Awal Februari

Kompas.com - 23/01/2017, 11:34 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com – Presiden AS, Donald Trump, Minggu (22/1/2017), setelah mendiskusikan ancaman Iran dengan Benjamin Netanyahu, mengundang Perdana Menteri Israel itu aga mengunjungi Gedung Putih, bulan depan.

Ketika berbicara  per telepon, keduanya “sepakat untuk terus melakukan konsultasi lebih erat terkait sejumlah isu regional, termasuk menyikapi ancaman yang ditimbulkan oleh Iran” kata Gedung Putih.

Menurut Washington, Trump juga mengundang Netanyahu untuk sebuah “pertemuan di Gedung Putih awal Februari”, sebagaimana dilaporkan AFP.

Israel telah menyetujui pembangunan ratusan rumah baru di Jerusalem timur, Minggu, sebelum menerima panggilan telepon dari Trump. Pembicaraan per telepon menurut Israel "sangat hangat".

Namun, rencana besar Israel untuk membangun sebuah permukiman skala luas di Tepi Barat telah ditangguhkan hingga setelah Netanyahu bertemu Trump.

“Perdana menteri mengungkapkan keinginannya bekerja lebih erat dengan Presiden Trump untuk menyatukan visi bersama demi memajukan perdamaian dan keamanan kawasan,” kata kantor Netahayu.

Trump telah berjanji memberikan dukungan yang kuat bagi Israel dan selama kampanye Pilres AS ia juga berjanji mengakui Jerusalem sebagai ibu kota Israel sekalipun statusnya diperebut Palestina.

Namun, dalam pernyaaan Gedung Putih mengenai percakapan telepon antara kedua pemimpin tidak menyinggung usul Trump untuk memindahkan Kedubes AS dari Tel Aviv ke Jerusalem.

Rencana pemindahan Kedubesa AS itu tidak sesuai dengan konsensus sebagaian besar masyarakat internasional, yang tidak mengakui Jerusalem sebagai ibu kota Israel.

Langkah tersebut,  yang telah digadang-gadang selama masa kampanye dan sebulan sebelum pelantikan Trump, justru berpotensi memicu protes di kawasan Timur Tengah.

Gedung Putih, Minggu, tampaknya mengabaikan pendapat yang mengatakan bahwa Trump akan segera mengeksekusi rencananya memindahkan Kedubes AS untuk Israel itu ke Jerusalem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com