Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggalkan Gedung Putih, Keluarga Obama Berlibur ke California

Kompas.com - 21/01/2017, 13:03 WIB

WASHNGTON DC, KOMPAS.com - Mantan presiden AS Barack Obama dan keluarganya, Jumat (20/1/2017), bertolak ke California untuk menikmati liburan setelah menyerahkan tampuk kekuasaan kepada Donald Trump.

"Demokrasi kita bukanlah bangunan, juga bukan monumen. Demokrasi kita adalah Anda," ujar Obama kepada para pengantarnya di pangkalan udara Andrews, Maryland tak jauh dari ibu kota.

Obama dan keluarganya dikabarkan berada di Palm Spring, California untuk bersantai setelah delapan tahun bergulat dengan urusan kenegaraan yang berat.

Sejauh ini belum diketahui pasti apa yang akan dilakukan Barack Obama setelah tak menjadi presiden.

Namun, sebelum meninggalkan Gedung Putih, Obama meminta publik memberinya ide terkait apa yang harus dilakukannya di kemudian hari.

Satu hal yang pasti, kata Obama, meski dia kini berada di luar pemerintahan tetapi dia tetap akan bekerja untuk demokrasi.

"Saya tak akan berhenti. Saya akan tetap bersama Anda semua sebagai sesama warga negara. Saya terinspirasi oleh suara Anda tentang kebenaran dan keadilan, humor yang bagus, dan cinta," kata Obama lewat akun resminya.

"Saat kami menatap ke masa depan, saya ingin langkah pertama kami merefleksikan apa yang penting bagi sebagian dari Anda. Bagikan ide Anda dengan saya di http://Obama.org," lanjut dia.

Dalam sebuah video, Michelle Obama mengatakan, perintah pertama bagi keluarganya setelah menjadi warga biasa adalah beristirahat sejenak.

"Kami akhirnya bisa mendapatkan tidur yang cukup. Bisa menghabiskan waktu bersama keluarga lebih banyak," ujar Michelle.

Setelah itu, lanjut dia, mereka akan segera memulai pekerjaan membangun pusat kepresidenan Obama, yang disebut sebagai pusat kehidupan dan kerja bagi warga negara.

"Sampaikan kepada kami apa yang bisa kami capai brsama," kata Michelle Obama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com