Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketakjelasan Trump bagi UE Lebih Besar Dibandingkan Brexit

Kompas.com - 21/01/2017, 10:38 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Kepresidenan Donald Trump cenderung untuk menciptakan ketidakpastian yang lebih besar bagi Uni Eropa (UE) dibandingkan dengan keputusan Inggris untuk meninggalkan blok tersebut (Brexit), kata Menteri Keuangan Inggris, Philip Hammond, Jumat (20/1/2017).

"Brexit telah memperkenalkan ketidakpastian. Saya pikir perubahan pemerintahan di Amerika Serikat (AS) telah memperkenalkan bagian lebih besar dari ketakpastian untuk UE," kata Hammond dalam diskusi panel tentang UE di Davos, Swiss, seperti dilaporkan Reuters.

Hammond, yang pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Inggris itu mengatakan, negara-negara UE bervariasi dalam melihat seberapa besar ancaman keamanan dari Rusia.

"Apa pun yang mengubah status quo diselesaikan dari Eropa yang hidup dengan Rusia sebagai tetangga, tapi tinggal di bawah naungan perlindungan keamanan AS seperti itu akan berdampak pada dinamika UE," kata Hammond.

Trump, yang dilantik sebagai Presiden AS, Jumat (20/1/2017), telah menyatakan kekagumannya pada Presiden Rusia Vladimir Putin dan memunculkan kekhawatiran tentang bagaimana negara-negara sekutunya akan berbagi biaya untuk memberikan keamanan melalui aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com