Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lituania Akan Bangun Pagar di Sepanjang Perbatasan dengan Rusia

Kompas.com - 18/01/2017, 07:27 WIB

VILNIUS, KOMPAS.com — Pemerintah Lituania berencana membangun pagar di sepanjang perbatasannya dengan Rusia untuk melindungi negeri kecil itu dari "provokasi".

Rencana pembangunan pagar ini muncul di puncak ketegangan antara negara-negara Baltik dan tetangganya yang besar, Rusia.

Lituania mulai mewaspadai Rusia ketika negeri itu melakukan intervensi militer di Ukraina dan mengakibatkan konflik panjang di negeri itu.

Pagar itu akan sepanjang lebih dari 130 kilometer dan setinggi 2 meter di sekitar Kaliningrad, wilayah kantong Rusia di Lituania.

Pembangunan pagar itu diperkirakan membutuhkan biaya hingga 26 juta poundsterling atau lebih dari Rp 428 miliar yang sebagian besar berasal dari anggaran Uni Eropa.

Saat ini perbatasan Lituania dan Rusia hanya ditandai berupa lahan "tak bertuan" selebar 13 meter.

"Kami harus memastikan kendali yang kredibel atas perbatasan timur Uni Eropa," kata PM Lituania, Saulius Skvernelis.

Meski Lituania mengakui pagar itu tak akan mampu menghentikan tank, tetapi PM Skvernelis menegaskan, pagar itu akan memastikan keamanan ekonomi negeri itu dengan mengurangi angka penyelundupan dan migrasi ilegal.

Sementara itu, Mendagri Eimutis Misiunas mengatakan, pagar itu akan membantu untuk mencegah "provokasi".

Misiunas mengambil contoh Eston Kohver, agen keamanan dalam negeri Estonia yang ditangkap pasukan Rusia pada 2014 dan memicu krisis antara kedua negara.

Pemerintah Estonia mengklaim, Kohver masih berada di wilayah negeri itu, tetapi Moskwa menyatakan Kohver sudah melintasi batas dan masuk ke wilayah Rusia.

Lalu bagaimana tanggapan Rusia tentang rencana Lituania ini? Sebagian pejabat negeri itu menanggapi rencana pembangunan pagar itu dengan ringan.

"Jika kawan-kawan Lituania kami ingin membangun pagar untuk menghentikan penyelundupan, maka kami siap menyediakan bahan bangunannya," kata Anton Alikhanov, gubernur Kaliningrad, kepada stasiun televisi Rossiya24.

Alikhanov menambahkan, Rusia memiliki pabrik batu bata yang bagus di dekat perbatasan dengan Lituania.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com