Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

300 Marinir AS Tiba di Norwegia, Bisa Memantik Kemarahan Rusia

Kompas.com - 16/01/2017, 20:45 WIB

OSLO, KOMPAS.com – Sekitar 300 marinir Amerika Serikat mendarat di Norwegia, Senin (16/1/2017), untuk masa tugas selama enam bulan.

Langkah itu merupakan yang pertama  AS sejak Perang Dunia II di mana pasukan asing ditempatkan di sana untuk satu waktu yang lama, yang tentu saja membuat negara tetangga, Rusia, berang.

Kantor berita Reuters melaporkan, para pejabat Norwegia mengabaikan adanya hubungan antara operasi tersebut dengan kekhawatiran Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) atas kemungkinan agresi Rusia.

Namun demikian, penyebaran marinis AS itu bersamaan dengan langkah AS mengirimkan beberapa ribu pasukan ke Polandia, sekutu AS Eropa Timur, yang khawatir atas arogansi Moskwa.

Serdadu dari Camp Lejeune di North Carolina mendarat beberapa saat setelah pukul 10.00 waktu setempat di bandara Trondheim, dekat Trondheim, kota terbesar ketiga di Norwegia.

Para serdadu tiba di tengah cuaca dingin dengan suku minus dua derajat Celsius dengan kondisi bandara Trondheim yang tertutup salju.

Pasukan AS menetap di Norwegia selama satu tahun, dengan angkatan (batch) terbaru akan diganti setelah masa tugas mereka selama enam bulan.

Seorang juru bicara “Home Guards” Norwegia, yang akan menjadi tuan rumah bagi para marinir AS di di pangkalan militer Trondheim, sekitar 1.500 km dari perbatasan Rusia, mengatakan, pasukan AS akan belajar tentang perang dingin.

"Selama empat minggu pertama mereka akan menjalani pelatihan dasar musim dingin,  belajar bagaimana menguasai ski dan untuk bertahan hidup di lingkungan Arktika," kata Rune Haarstad, juru bicara Home Guards.  "Ini tidak ada hubungannya dengan Rusia atau situasi saat ini."

Pada Maret mendatang, kata Haarstad, marinir AS itu akan ambil bagian dalam latihan “Joint Viking” yang juga akan melibatkan tentara-tentara Inggris.

Kedutaan Besar Rusia di Oslo tidak dengan segera memberikan komentar kepada Reuters pada Senin ini.

Seorang perempuan juru bicara Kementerian Pertahanan Norwegia juga mengatakan, kedatangan marinir AS itu tidak ada kaitannya dengan Rusia.

Belum ada reaksi resmi dari Moskwa terkait dengan perkembangan terbaru penyebaran marinir AS di Norwegia tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com