Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Lowongan, Mossad Gaet Agen-agen Perempuan

Kompas.com - 07/01/2017, 16:46 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com - Dinas intelijen Israel, Mossad membuka lowongan untuk penerimaan anggota baru dengan target khusus kaum perempuan.

"Dibutuhkan perempuan yang memiliki kemampuan lebih," demikian isi iklan Mossad yang diterbitkan di surat kabar nasional setempat.

Dalam iklan itu ditampilkan wajah seorang perempuan, dalam bentuk siluet. 

Dalam pemberitaan di media Israel disebutkan, Mossad tercatat memiliki staf perempuan sebanyak 40 persen, yang 24 persen di antaranya menduduki posisi penting dan berpengaruh.

Seperti dikutip Jerusalem Post, Tamir Pardo, mantan Kepala Mossad, mengungkapkan, pada tahun 2012, agen perempuan memiliki kelebihan dalam perang rahasia.

Perempuan disebut mempunyai kemampuan "multitasking" dan sanggup menekan ego untuk mencapai tujuan yang lebih besar.

"Bertolak dengan cara pandang selama ini, Anda melihat bahwa kemampuan perempuan lebih unggul ketimbang laki-laki dalam hal memahami wilayah, membaca situasi, serta kesadaran akan tempat," kata Pardo.

Dinas intelijen Israel, Mossad didirikan pada tahun 1949. Selama ini Mossad dikenal sebagai salah satu dinas rahasia intelijen yang disegani.

Dalam sejarahnya, agen ini sering dipuji karena operasi inteljiennya yang tergolong berani. Meski sering kali mereka dituduh melakukan pembunuhan yang keji terhadap target serangan.

Salah-satu operasi intelijen Mossad yang ambisius dengan jangkauan global adalah penangkapan penjahat perang Nazi Adolf Eichmann pada tahun 1960 di Argentina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com