Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Rilis Video: Dua Tentara Turki Dibakar Hidup-hidup

Kompas.com - 23/12/2016, 14:22 WIB

BEIRUT, KOMPAS.com – Kelompok teror Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) telah merilis rekaman video tentang dua tentara Turki yang dibakar hidup-hidup tak lama setelah penangkapan mereka.

Kantor berita Agence France-Presse, Jumat (23/12/2016), melaporkan, rekaman video tentang dua tentara Turki itu dirilis ISIS di Suriah pada Kamis (22/12/2016).

Video dilepas ke ruang publik lewat media daring setelah Ankara bersumpah untuk menghabisi para teroris di Suriah sebagai balasan atas tewasnya 16 tentara Turki dalam perang melawan ISIS.

Menurut AFP, video tersebut berdurasi 19 menit. Tak lama setelah dua tentara itu dikeluarkan dari sebuah kandang , mereka kemudian dibakar hidup-hidup. Rekaman videonya diunggah ke internet.

Video itu tampaknya direkam di wilayah kekhilafahan “Provinsi Aleppo” yang dideklarasikan sepihak oleh ISIS, merujuk sebuah wilayah di Provinsi Aleppo, Suriah utara.

Berbicara di Turki, pembunuh dua pria itu mengkritik Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan menyerukan kehancuran Turki.

Video yang mengejutkan itu mengingat pembunuhan Maaz al-Kassasbeh, pilot pesawat tempur Jordania, yang apa ditangkap oleh para militan ketika pesawatnya jatuh di Suriah pada Desember 2014. Maaz kemudian dibakar hidup-hidup setelah dikurung dalam sebuah sangkar besar.

Video tentang kekerasan oleh ISIS itu terjadi sehari setlah 16 tentara Turki ditembak mati oleh ISIS dalam sebuah pertempuran besar sekitar kota Al-Bab di Suriah, Rabu (21/12/2016).

Merujuk penjelasan kelompok intelijen SITE yang berbasis di Amerika Serikat, yang memantau kegiatan kelompok-kelompok militan, dua tentara Turki dikeluarkan dari sebuah kandang, kemudian diikat dengan rantai dan dibakar hidup-hidup.

Bulan lalu, ISIS melaporkan telah menculik dua orang tentara Turki di Suriah utara, di mana pasukan Turki terlibat serangan melawan kelompok ekstremis itu.

Kata pejabat Turki, mereka kehilangan kontak dengan dua orang tentaranya yang hilang di kawasan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com