Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesies Baru Laba-laba bak Topi "Harry Potter" Diberi Nama Unik

Kompas.com - 15/12/2016, 18:47 WIB

MUMBAI, KOMPAS.com — Ilmuwan di India menemukan satu spesies baru laba-laba yang terlihat sangat luar biasa. Bentuknya mirip dengan topi yang dikenakan tokoh fiksi Harry Potter.

Karena bentuknya itu pula, laba-laba ini pun diberi nama unik. Nama itu sesuai dengan nama pemilik topi itu dalam serial Harry Potter, yakni Godric Gryffindor.

Godric Gryffindor adalah salah satu pendiri sekolah sihir terbesar yang ada di dunia sihir pada film Harry Potter, Hogwarts.

"Saya dan kawan kawan ilmuwan adalah geeks dan kami semua berpikir, hai, laba-laba yang mengundang tanya ini terlihat sangat mirip dengan sorting hat (topi di serial Harry Potter)," ungkap salah satu ilmuwan, Javed Ahmed, kepada AFP.

"Sehingga, kami pun membuat semacam kesepakatan, jika serangga ini dinyatakan sebagai spesies baru, kami akan menamakannya sesuai dengan nama sang pemilik topi," kata dia.

Bulan Juni lalu, Ahmed dan sejumlah koleganya memastikan bahwa hewan temuan mereka itu adalah spesies baru. Dengan demikian, mereka pun langsung memberikan nama laba-laba nokturnal itu Eriovixia Gryffindori.

Sebuah kajian yang disusun oleh sejumlah pakar mengonfirmasi bahwa laba-baa tersebut, yang memiliki mimik dan bentuk tubuh untuk menghindar dari predator tersebut, adalah spesies baru. 

Penemuan itu kemudian dipublikasikan pada Indian Journal of Arachnology edisi Desember dan langsung mengundang geliat di media sosial.

Bahkan, kreator Harry Potter, JK Rowling, pun mengunggah ekspresi bahagianya di akun Twitter-nya. 

"I'm truly honoured! Congratulations on discovering another #FantasticBeast!," demikian tulis Rowling di akunnya untuk Ahmed.

Laba-laba Gryffindor bukan serangga pertama yang diberi nama sesuai dengan ikon populer, fiksi, maupun realis.

Pada tahun 2009, jenis laba-laba kuning ditemukan di Malaysia dan dinamai sesuai dengan nama legenda musik rock David Bowie.

Tiga tahun kemudian, ilmuwan Australia memberi nama sejenis lalat dengan warna emas di bagian belakang dengan sebutan "Beyonce".

Lalu, tahun ini pula, ilmuwan memberi nama sejenis tarantula yang mereka temukan di Folsom, California, dengan nama Johnny Cash. Cash adalah legenda musik Amerika Serikat yang menyanyikan "Folsom Prison Blues".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com