Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop Berisi Rahasia Negara Hilang Dicuri, Jenderal Senior Israel Mundur

Kompas.com - 15/12/2016, 17:56 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com - Seorang jenderal senior di militer Israel langsung mengajukan pengunduran diri, setelah laptop berisi informasi rahasia negara hilang dicuri dari rumahnya.

Pejabat militer berpangkat Mayor Jenderal itu adalah Hagi Topolanski, yang memegang jabatan sebagai Kepala Direktorat Personalia.

Informasi ini dilansir pihak militer Israel, Kamis (15/12/2016), seperti dilansir Kantor Berita AFP.

Pengajuan pengunduran diri itu dilakukan Rabu, hanya berselang sehari setelah laptop yang ada dalam penguasaannya hilang dicuri.

Kepala Staf Letnan Jenderal Gadi Eisenkot langsung menerima pengunduran diri tersebut. Meskipun,  dia mengaku berat untuk meluluskan permintaan tersebut.

Dalam pernyataan tertulis militer Israel disebutkan, Jederal Topolanski telah memberikan kontribusi besar dan menunjukkan prestasi yang membanggakan. 

Eisenkot menegaskan, langkah yang diambil Topolanski merupakan langkah yang memang lazim diambil oleh setiap komandan. 

Topolanski pun menegaskan bahwa dia selama ini dididik untuk bertanggung jawab.

Aparat Polisi Militer Israel langsung meluncurkan penyelidikan atas hilangnya laptop tersebut, bahkan sejak sebelum Topolanski mengundurkan diri.

Disebutkan, kegagalan untuk menjamin keamanan komputer militer yang mengandung bahan rahasia bisa menjadi tindak pidana.

Topolanski memulai karir militernya sebagai pilot pesawat tempur.

Dia kemudian merintis jabatan menjadi Wakil Komandan Angkatan Udara, sebelum diangkat menjadi Kepala Direktorat Personalia pada tahun 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com